Jalur KA Ganda Jakarta-Surabaya Rampung Sebelum Lebaran

Pembangunan jalur ganda kereta Serpong-Maja
Sumber :
  • Antara/ M Iqbal
VIVAnews
Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni
- Pemerintah mengungkapkan masih memiliki masalah untuk pembebasan lahan yang akan digunakan untuk pembangunan jalur ganda kereta api jurusan Jakarta-Surabaya. Pembebasan lahan ini diharapkan bisa rampung sebelum Puasa.

Wakil Ketua DPD Mahyudin Harap Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 Memotivasi Anak Muda Bangsa

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Hermanto Dwiatmoko, Selasa 10 Juni 2014, mengatakan jika pembebasan rampung sebelum Puasa diperkirakan pembangunan jalur bisa diselesaikan sepenuhnya sebelum Lebaran.
Istri Ungkap Kondisi Terkini Parto Patrio Usai Jalani Operasi


"Saat ini, sudah sampai Kandangan, dan masih ada dua segmen yang belum bebas di antara Kandangan hingga Pasar Turi," katanya, saat ditemui di Jakarta.


Di jalur sepanjang delapan kilometer ini, menurut Hermanto, ada 81 bidang yang belum dibebaskan. Namun, ia mengaku optimistis dengan pembebasan ini. Sebab, warga yang terkena pembebasan lahan sudah setuju.


Prosesnya, kata dia, tinggal menunggu Badan Pertanahan Nasional dan Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan umum melakukan pengukuran kembali untuk warga yang terkena. Mengenai masalah dana, ia menuturkan, sejauh ini tidak ada masalah karena sudah dianggarkan sejak lama.


Pelibatan Dirjen Cipta Karya Kementerian PU, karena ada rumah yang terkena pembebasan lahan. "Intinya, masyarakat telah setuju karena sudah melihat manfaatnya," tambah Hermanto.


Sementara itu, lahan yang dibebaskan pun bukan untuk pembangunan jalur kereta, melainkan jalan akses untuk warga di sekitar.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya