Dua Kementerian Kembangkan Energi Baru Terbarukan

energi hijau
Sumber :
  • indoenergi.com

VIVAnews - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Kerja sama ini bertujuan untuk mengembangkan energi baru terbarukan.

Penandatanganan kerja sama yang dilakukan di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa 17 Juni 2014, ini diharapkan ada penerapan teknologi baru di sektor energi ini dan bisa diterapkan di usaha level kecil serta menengah.

Dengan begitu, pemanfaatan energi baru terbarukan di masyarakat bisa lebih cepat direalisasikan.

"Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan kegiatan penyediaan dan pemanfaatan sumber baru terbarukan dengan meningkatkan peran serta masyarakat melalui koperasi," kata Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Rida Mulyana.

Rida mengatakan bahwa dalam kerja sama ini, dua kementerian punya tugas masing-masing. Kementerian ESDM menyiapkan program, instalasi, dan peralatan, bimbingan teknis, dan pemanfaatan energi baru terbarukan.

"Sedangkan tugas Kementerian KUKM memfasilitasi pembentukan koperasi di lokasi terbaru dalam pengembangan usaha produktif dan penyediaan permodalan koperasi," ujar dia.

Dalam pelaksanaan kerja sama itu, kedua kementerian ini sepakat untuk membentuk kelompok kerja di bawah dua instansi pemerintah ini.

Jelang Putusan Sengketa Pilpres, Timnas Amin Ragukan Independensi Hakim MK

"Untuk melancarkan kerja sama ini, kami membentuk kelompok kerja atau Pokja. Segala hal dan biaya yang muncul dalam usaha-usaha yang akan menjadi tanggung jawab, sesuai tugas dan kewenangan masing-masing kementerian. Kerja sama ini berlaku selama tiga tahun dan bisa diperpanjang," kata dia. (art)

Ilustrasi penangkapan terduga teroris

Ajang World Water Forum di Bali, BNPT Ikut Dilibatkan untuk Cegah Terorisme

BNPT memiliki peran penting selaku leading sector penanggulangan terorisme untuk mensukseskan event internasional tersebut guna menjaga citra Indonesia di mata dunia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024