Mandala Berhenti Operasi, Bagaimana Nasib Calon Penumpang?

Penumpang Mandala
Sumber :
  • Arie Dwi Budiawati/ VIVAnews
VIVAnews
Pendeta Ini Ajak Jemaatnya Untuk Masuk ke Masjid dan Ungkap Hal Tak Terduga Ini
- PT Mandala Airlines mengumumkan resmi berhenti operasi mulai 1 Juli 2014. Namun, bagaimana nasib calon penumpang yang telah membeli tiket?

Ternyata SYL Pakai Uang Peras Pejabat Kementan untuk Renovasi Rumah dan Perawatan Keluarga

Salah satu calon penumpang, Khoe Fu Tjen, mengaku kecewa terhadap masalah ini. "Saya terkatung-katung. Belum tahu bisa
Ramalan Zodiak Kamis 18 April 2024: Taurus Alami Krisis Keuangan, Virgo Harus Menjauhi Orang Negatif
refund atau tidak," kata Khoe Fu Tjen di kantor Mandala Airlines, Wisma Soewarna, Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, Kamis 19 Juni 2014.

Khoe Fu Tjen mengaku telah memesan tiket sejak 28 Agustus 2013 untuk 12 orang. Harga tiket yang dibelinya pun bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.


Itu pun berupa tiket pulang-pergi. Tiket tersebut dipesan untuk keberangkatan 6 Juli dengan kode pesawat TR dan kepulangan tanggal 12 Juli 2014 dengan kode pesawat RI.


"Kami akan transit di Singapura. Kalau kode TR, (penerbangan) sudah diambil alih oleh Tiger Air. Tapi, kami ada yang
nyelip
satu, yaitu kode RI. Itu kan rutenya Jakarta-Kuala Lumpur. Itu yang tidak bisa. Lalu, kami pulangnya bagaimana? Kami jadi terkatung-katung di Singapura," ujar perempuan berusia 44 tahun itu.


Khoe Fu Tjen mendapat kabar Mandala Airlines tutup sejak semalam. Untuk itu, dia langsung mengontak kantor Mandala Airlines. Sayangnya, hasilnya nihil.


"Telepon kantor tak ada jawaban. Telepon ke
call center
juga tak ada jawaban," ujar dia.


Lalu, pagi ini Khoe Fu Tjen pergi ke Terminal III Bandara Soekarno-Hatta. Dia mengatakan kantor tersebut tutup. "Kami inisiatif ke sini (ke kantor Mandala)," kata dia.


Sementara itu, Adit, pembeli tiket Mandala Airlines lainnya, mengatakan telah memesan tiket ke Singapura untuk kepergian 1 Juli 2014 dan pulang pada 8 Juli 2014.


"Tiket untuk tiga orang. Sudah pesan dari Januari lalu," ujar dia.


Sama dengan Khoe Fu Tjen, Adit bingung karena tak ada pihak Mandala yang bisa dihubungi. "
Call center
-nya tidak aktif. Masak berangkat naik pesawat pulangnya renang?" ujar dia.


Baik Khoe Fu Tjen dan Adit mengaku menerima formulir
refund
tiket dari pihak Mandala. Itu pun diberikan dari dua orang satpam kantor Tigerair Mandala.


Berikut ini adalah isi formulir yang diterima oleh penumpang.


Formulir Penghentian Pengoperasian Tigerair Mandala (RI)

"Sehubungan dengan berhentinya beroperasi maskapai penerbangan Tigerair Mandala (RI) terhitung tanggal 1 Juli 2014, penumpang mendapat opsi untuk memperoleh penerbangan alternatif atau pengembalian dana atas tiket Mandala untuk penerbangan tertanggal 1 Juli 2014 dan selanjutnya.

Untuk mempermudah proses tersebut, kami harapkan para penumpang untuk mengisi formulir berikut dan mengembalikan melalui e-mail kepada mandalahelp@tigerair.com.

Nama:
Kode penerbangan:
Rute penerbangan:
Jadwal penerbangan:
Opsi: pengalihan penerbangan:
Pengembalian dana tiket:

Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan Anda kepada Mandala selama ini. Kami juga menyampaikan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan ini.

PT Mandala Airlines

Namun, dalam formulir tersebut, tak ada keterangan pasti tenggat waktu pengumpulan formulir itu. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya