Pasokan Domestik Gas Natuna Melalui Pipa

VIVAnews - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral menyatakan, gas dari Lapangan Natuna D Alpha, Kepulauan Riau, yang dipasok untuk kebutuhan domestik akan menggunakan pipa. 

Pipa yang dapat digunakan merupakan pipa distribusi dari West Natuna yang digunakan untuk ekspor gas ke Malaysia. "Pipa West Natuna bisa ditarik ke timur yang terhubung dengan Batam," kata Purnomo di Jakarta, Kamis 23 April 2009.

Namun, ini masih sebatas opsi. Termasuk salah satunya opsi ekspor, juga masih memungkinkan. Sebab, investasi blok ini membutuhkan biaya tinggi. "Karena itu, salah satu ipsiny menguah gas alam menjadi gas alam cair (LNG) agar bisa diekspor," katanya.

Mengenai harga minyak yang sudah di US$ 50 per barel, apakah Natuna masih ekonomis dikembangkan, Purnomo menjelaskan, dalam melakukan pengembangan lapangan minyak dan gas jangan melihat jangka pendeknya, sebab kegiatan di sektor ini merupakan jangka panjang, sekitar 30 tahun.

Jelang Lebaran, Irish Bella Ajarkan Anak Cara Bedakan Nominal Uang THR
Otto Hasibuan, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Otto Hasibuan Klaim Pemilu 2024 Paling Damai, Bukan Paling Buruk

Wakil Ketua Tim Pembela Hukum Prabowo-Gibran, Otto Hasibuan menegaskan bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 merupakan yang paling damai dan baik bukan pemilu paling buruk.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024