Ramadan, Aktivitas Pegadaian Meningkat 10 Persen

Pegadaian
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews
Usai Nasdem, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Sambangi Cak Imin di Markas PKB
- Aktivitas pegadaian pada Ramadan tahun ini meningkat 10 persen dibanding hari biasa di bulan lalu. PT Pegadaian Kantor Cabang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, mencatat bahwa dari peningkatan itu sebagian besar merupakan gadai emas.

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

Kepala Cabang PT Pegadaian, Iskandar Riza, Jumat 4 Juli 2014, menjelaskan bahwa nilai gadai per 30 Juni sebesar Rp10 miliar dengan 99 persen barang gadai berupa emas, sedangkan satu persen barang gadai berupa barang elektronik.
Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari


"Pada awal bulan puasa ada kenaikan 10 persen. Mayoritas masyarakat meggadaikan emas," ujar Riza di Jakarta.


Program gadai emas yang banyak dipilih itu, ia melanjutkan, adalah sistem kredit cepat dengan pinjaman hingga mencapai Rp200 juta. Jangka waktu pinjaman selama 120 hari dan dapat diperpanjang dengan membayar bunga per 15 hari ditambah biaya administrasi.


"Pinjaman emas di pegadaian adalah 90 persen dari harga pasar. Jika dibandingkan tahun kemarin memang cenderung turun, sebab faktor harga emas di pasar global," kata dia.


Menurut Riza, sistem gadai ini relatif berjalan lancar. Karena biasanya, sebelum menginjak masa jatuh tempo membayar bunga di pertengahan bulan, nasabah sudah menebus barang gadainya.


"Jika sudah memasuki tanggal 12 ke atas, masyarakat biasanya menebus barangnya. Sebab, mungkin sudah dapat tunjangan hari raya," kata dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya