Tiket Kereta Ekonomi Tak Jadi Naik?

Menhub EE Mangindaan teken proyek kereta api Sulawesi
Sumber :
  • Antara/ Sahrul Manda Tikupadang
VIVAnews
Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi
- Menteri Perhubungan, Evert Ernest Mangindaan mengungkapkan kemungkinan tarif kereta api kelas ekonomi tidak jadi disesuaikan harganya. Kebijakan tersebut, karena subsidi kereta api yang awalnya akan dipangkas untuk penghematan bakal tidak jadi dilakukan.

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

Di Gedung BI, Jumat 4 Juli 2014, Mangindaan mengatakan bahwa hal itu sudah dikoordinasikan dengan Kementerian Keuangan, sehingga diharapkan tidak memengaruhi daya beli pengguna moda transportasi tersebut.
Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan


"Tadi, sudah dibicarakan dengan Menkeu, subsidi kereta (mungkin) tidak jadi dicabut. Itu untuk tahun ini," ujarnya.


Dia mengatakan, pertimbangan tidak jadinya pemangkasan pada pos belanja itu karena anggarannya tidak terlalu signifikan, sehingga tidak terlalu berpengaruh.


"Menkeu akan mengubah, nanti keluar keputusannya. Jadi, tetap ada subsidi, angkanya tentu kami lihat lebih lanjut," ungkapnya.


Dalam kesempatan yang berbeda, Menteri Keuangan, M. Chatib Basri, mengaku belum menerima surat penerimaan pembatalan penghematan anggaran subsidi kereta api yang diajukan Kemenhub. Namun, dia meyakini saat ini hal tersebut masih dibahas jajarannya di Direktorat Jenderal Anggaran.


"Saya belum terima suratnya," tambahnya.


Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia mengumumkan akan mengembalikan ke harga normal tiket kereta api kelas ekonomi mulai 1 September mendatang. Hal tersebut, dilakukan karena anggaran subsidi kereta api jadi dipangkas guna penghematan yang dilakukan kementerian dan lembaga.


Kepala Daop IV Semarang, Ariyawan, menjelaskan, penyesuaian tarif yang akan dilakukan jika subsidi dicabut, untuk tetap menjaga kelanjutan pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa.


Sebab, dengan dicabutnya subsidi, beban anggaran yang harus ditanggung perusahaan akan semakin tinggi. Apalagi sebagian besar subsidi tiket KA ekonomi masih ditanggung PT KAI. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya