7 Strategi Amankan Uang Saat Perjalanan Mudik

Uji Coba Mobile Banking
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Sebentar lagi, Anda dan keluarga akan pergi mudik ketika Lebaran tiba. Namanya mudik, Anda tentu tidak berangkat dengan tangan kosong.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Selain barang­-barang pribadi seperti baju dan makanan, serta hadiah untuk yang di kampung seperti ponsel baru untuk ayah, Anda pasti membawa uang dan alat pembayaran lainnya, termasuk kartu debit dan kredit, saat pergi.
Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos


Membawa berbagai uang dan alat pembayaran bersama Anda tentunya berisiko. Selain kecurian, Anda bisa kelupaan atau salah menaruh dompet saking repotnya Anda di jalan. Anda pasti ingin menghindari berbagai masalah ini.

Maka, simak beberapa masukan singkat ini tentang bagaimana menjaga keamanan dompet Anda:


1. Pisahkan uang perjalanan

Sebelum berangkat, hitung seberapa banyak uang yang Anda akan butuhkan selama perjalanan, termasuk biaya tol dan makan di
rest area.
Lalu, taruhlah uang secukupnya di dompet kecil yang Anda akan keluarkan selama perjalanan. Kalau perlu, taruh saja satu kartu debit atau kredit di dalamnya meskipun Anda dan pasangan mungkin memiliki lainnya.


Sisa uang dan kartu pembayaran Anda disimpan dengan aman dalam dompet lain yang Anda taruh di koper atau tas kecil yang bisa dikunci. Anda baru mengeluarkan dompet ini ketika tiba dengan aman di kampung halaman.


2. Gunakan kartu top­ up


Selain kartu debit dan kredit, bank kini menyediakan kartu yang bisa Anda top up, biasanya hingga Rp1 juta. Anda bisa menggunakan kartu ini untuk bertransaksi selama perjalanan. Karena, keuntungannya adalah jika hilang, kartu ini tidak bisa digunakan orang untuk menarik uang dari rekening Anda. Pastikan bahwa Anda mengisi kartu ini secukupnya saja.


3. Daftar SMS banking


Daftar layanan SMS banking di bank Anda. Enaknya terdaftar di layanan SMS banking adalah Anda akan langsung dikirimkan pesan dari bank jika terjadi pendebetan atau penarikan uang di rekening Anda. Jadi, jika ada transaksi yang mencurigakan, Anda akan langsung tahu dan bisa menelepon bank Anda.


4. Daftar mobile banking


Selain
SMS banking,
aktifkan layanan
mobile banking
di ponsel Anda. Jika Anda ingin memberi uang ke saudara di kampung halaman, Anda tinggal mentransfer uang lewat layanan
mobile banking.
Ini akan mengurangi perlunya membawa banyak uang tunai atau mampir ke ATM untuk menarik banyak uang.


5. Transfer uang


Sebisa mungkin, gunakan fasilitas transfer ketika ingin memberi uang ke saudara­-saudara Anda. Anda bahkan bisa mentransfer uang beberapa hari sebelum pergi mudik. Mentransfer uang jauh lebih aman daripada harus membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak.


6. Simpan nomor hotline bank Anda

Simpan nomor telepon
customer service
bank Anda di daftar kontak dalam ponsel sebelum berpergian. Jadi, jika terjadi sesuatu dengan kartu debit atau kredit, Anda bisa langsung menelepon
customer service,
yang biasanya tersedia 24­ jam, untuk meminta bantuan, seperti pemblokiran.


7. Cek dan cek lagi


Jika Anda sampai menarik uang di ATM saat dalam perjalanan, selalu pastikan bahwa Anda menggunakan ATM di tempat yang terang dan tidak terpencil. Mintalah pasangan Anda untuk menjaga pintu masuk sambil Anda menarik uang. Lalu, cek bahwa Anda sudah menarik, baik uang dan kartu Anda dari mesin ATM sebelum Anda kembali jalan. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya