Jalan Tol Medan-Kualanamu Ditarget Rampung Sebelum Lebaran 2015

bandara Kualanamu
Sumber :
  • aeronusantara.blogspot.com
VIVAnews
Rupanya Hal Ini yang Buat Oki Rengga Emosi saat Mengantarkan Jenazah Babe Cabita
- Jalan tol Medan-Kualanamu sepertinya masih belum bisa difungsikan pada tahun ini. Sebab, pengerjaan jalan tol yang akan membantu akses kendaraan dari Bandara Kualanamu ke Medan ini berjalan lambat.

Anies Singgung Ada Penggiringan Opini Pilpres 2024 Sudah Usai

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Djoko Murjanto, dikonfirmasi oleh
Video Bersejarah Detik-detik Raja Aibon Menangis Tinggalkan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI
VIVAnews , Senin 14 Juli 2014 membenarkan hal ini.


"Saat ini, pengerjaan konstruksinya baru 15-20 persen," katanya.


Keterlambatan proses konstruksi ini terjadi untuk ruas tol Medan-Kualanamu yang dibangun pemerintah sebagai bantuan untuk pengelola jalan tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi.


Dia menjelaskan, keterlambatan tersebut disebabkan beberapa hal. Tetapi, kendala utama adalah pembebasan lahan yang sedikit terlambat. Ini berdampak pada molornya waktu pengerjaan di lapangan.


Selain itu, saat awal konstruksi ada masalah, terkait pecairan pinjaman dari Tiongkok. Tetapi, saat ini, pencairan pinjaman untuk proses konstruksi sebesar Rp1,5 triliun sudah berjalan lancar.


Lebih lanjut, dia mengatakan, jika mengacu pada kontrak, seharusnya ruas tol sepanjang 17,8 kilometer ini rampung pada 2015. Namun, karena kendala-kendala yang muncul, realisasinya diperkirakan akan molor.


"Kendala-kedala konstruksinya kan, juga di luar kendali kontraktor," tambahnya.


Namun, dia tetap berharap pembangunan jalan tol ini bisa dikebut, sehingga sebelum Lebaran 2015 bisa membantu arus mudik di area Medan.


Dia menambahkan, hingga jalan tol ini rampung, para pengguna Bandara Internasional Kualanamu harus melewati jalan nasional ataupun kereta api dari Medan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya