Safe Deposit Box, Solusi Amankan Barang Berharga Saat Mudik

Petugas membatu nasabah menurunkan barang dari safe deposit box
Sumber :
  • ANTARA/Wahyu Andika

VIVAnews - Lebaran sudah semakin dekat, dan banyak orang sudah menyusun rencana mudik ataupun berlibur ke luar kota atau mancanegara. Alhasil, banyak rumah yang akan kosong ditinggalkan oleh penghuninya.

Anda mungkin salah satu orang yang akan bepergian dan meninggalkan rumah tanpa ada yang menjaga. Walaupun Anda sudah memastikan bahwa semua jendela dan pintu terkunci rapat, meninggalkan rumah tetap berisiko. Karena banyak barang berharga yang disimpan di rumah Anda.

Barang-barang berharga ini termasuk perhiasan emas dan surat-surat berharga, seperti sertifikat rumah dan BPKB. Sebetulnya, ada cara baik untuk mengamankan barang-barang yaitu menyewa safe deposit box di cabang bank terdekat.

1. Di mana bisa menemukan safe deposit box?

Berbagai bank menyediakan safe deposit box di kantor cabang utama (KCU). Jadi, Anda harus mengecek dengan bank Anda cabang mana yang menyediakan fasilitas ini.

2. Bagaimana sistem pengamanan safe deposit box?

Umumnya, fasilitas safe deposit box terdiri atas ruangan yang terbuat dari baja kuat yang anti-bongkar dan tahan api. Ruangan ini juga dilengkapi pengamanan 24 jam.

Selain itu, ada bank yang menyediakan dua set kunci (satu master key yang dipegang pihak bank dan satu lagi kunci milik pengguna). Safety deposit box tidak bisa dibuka dengan satu kunci saja.

3. Apa saja yang bisa disimpan di sana?

Biasanya, Anda bisa menyimpan surat berharga maupun perhiasan dalam safe deposit box. Namun, Anda tidak boleh menyimpan benda ilegal ataupun yang mudah terbakar.

Bank biasanya menyediakan safe deposit box dengan berbagai macam ukuran, jadi Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

4. Berapa biayanya?

Biaya penyewaan bervariasi antar bank, tapi pada dasarnya, biaya tergantung ukuran safe deposit box yang Anda ambil. Selain itu, biaya tergantung lama sewa yang umumnya dihitung per tahun atau setengah tahun. Selain biaya sewa, Anda juga harus membayar jaminan kunci ataupun deposit money.

5. Apa saja persyaratan untuk bisa menyewa?

Umumnya, Anda harus menjadi nasabah suatu bank terlebih dahulu. Lalu, Anda tinggal mengisi form penyewaan serta menyerahkan fotokopi identitas Anda dan rekening Anda. Karena itu, cek di bank Anda terlebih dahulu cabang mana yang menyediakan fasilitas ini.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Dengan menyimpan benda dan surat berharga Anda di safe deposit box, Anda bisa bernapas lebih lega ketika meninggalkan rumah. Karena, sewa Anda menutupi beberapa bulan, Anda pun bisa lanjut menikmati layanan ini meskipun sudah balik ke rumah. (art)

Ilustrasi boros belanja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?

img_title
VIVA.co.id
27 September 2016