Empat Cara Hindari Banyak Jajan Saat Mudik

Suasana jalur pantura.
Sumber :
  • Alfin Tofler
VIVAnews
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Perjalanan mudik memang melelahkan dan karena itu, banyak pemudik yang menghabiskan banyak uang untuk jajan makanan saat di jalan. Pengeluaran pun akan semakin besar bagi mereka yang mudik bersama anak-anak.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Padahal, ada banyak cara untuk menghemat pengeluaran jajan dan makan pas mudik. Cara-cara ini bukan saja sehat bagi kantong, tetapi juga bagi tubuh. Apa saja cara-cara ini?
Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos


1. Jangan berhenti terus di mini-market, dan bawalah buah-buahan sendiri

Pemudik suka berhenti di mini-market untuk membeli snack
. Namun, berbelanja
snack
di mini-market bisa menjadi pemborosan karena harga
snack
yang relatif mahal dan karena biasanya, Anda ujung-ujungnya membeli barang-barang lain selain yang Anda inginkan.


Sebagai pengganti
snack
berbumbu, bawalah buah-buah segar seperti pisang atau apel yang lebih mengenyangkan sekaligus menyehatkan. Anda juga bisa membawa agar-agar yang Anda buat sendiri.


2. Bawa termos atau ice-box sendiri


Selain membeli
snack,
pemudik kerap berhenti di mini-market, atau rumah makan untuk membeli kopi panas atau es teh. Sebetulnya, Anda bisa membawa termos berisi air panas yang bisa digunakan untuk menyeduh kopi instan atau teh celup saat di perjalanan.


Selain itu, Anda bisa membawa
ice-box
kecil berisi es batu supaya Anda dan keluarga tidak usah berhenti di mini-market atau warung untuk membeli minuman dingin. Jika Anda tidak punya
ice-box,
cukup bekukan air di dalam botol air. Lalu, bungkus botol air dengan handuk kecil sebelum berangkat mudik.


3. Hindari makan di restoran siap saji


Harga makanan di restoran siap saji biasanya lebih mahal dibanding restoran tradisional. Jadi, jika Anda ingin makan, pilihlah restoran keluarga dan pilihlah makanan yang porsinya bisa dibagi-bagi antara keluarga, seperti tumis kangkung.


Jika Anda ingin lebih hemat lagi, bawalah bekal makanan yang tidak mudah rusak. Anda bisa membawa abon atau teri kering yang bisa Anda santap dengan nasi, atau sereal instan yang Anda bisa seduh dengan air panas dalam termos Anda.


4. Bawa tempat makanan atau botol minuman ekstra


Selain tempat makanan dan botol minuman yang terisi, bawalah tempat makanan dan botol candangan. Cadangan ini berguna jika Anda tidak bisa menghabiskan makanan yang Anda pesan di restoran. Anda bisa menyimpan makanan lebih di wadah Anda sendiri, yang tentunya, lebih tahan tumpah dibanding kertas atau
styrofoam
yang dipakai oleh restoran.


Tidak susah bukan untuk menghemat uang untuk jajanan dan makanan saat perjalanan mudik. Uang yang Anda hemat pun bisa disimpan atau dialihkan untuk pengeluaran lain, seperti bensin dan tol.


Semoga perjalanan mudik Anda menyenangkan! (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya