Agar Aman, Identitas Maskapai Penerbangan Sipil Harus Diperjelas

Pesawat maskapai Jepang Peach Aviation
Sumber :
  • Airbus
VIVAnews
MK Mulai Sidangkan Sengketa Pileg 2024 Hari Ini, Dibagi 3 Panel Hakim
- Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan, Djoko Murdjatmodjo, memastikan tidak ada penerbangan dari Indonesia yang melewati jalur pesawat Malaysia Airlines MH17, yang beberapa waktu lalu dirudal di jalur konflik Ukraina Timur.

Prabowo Temui Lawan Politiknya dalam Pilpres Upaya Luar Biasa, Menurut PAN

Dia mengatakan, secara etika internasional, hal tersebut jelas tidak dibenarkan. Namun, ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan maskapai penerbangan untuk menghindari hal itu terulang kembali.
Ramalan Zodiak Senin 29 April, Hati-Hati Untuk Leo Soal Keuangan


"Sudah ada etika internasional, pesawat sipil tidak boleh ditembak, ada aturannya, dan kodenya pun jelas tandanya," ungkap Djoko, di kantornya, Senin 21 Juli 2014.


Dia menjelaskan, selain tidak melewati jalur-jalur konflik dengan alasan apa pun, khususnya efisisensi, pesawat komersial harus mempertegas identitasnya. Menurut Djoko, maskapai penerbangan di Indonesia sudah diperingatkan mengenai hal itu.


"Makanya pesawat itu perlu jelas identitasnya, catnya juga diperjelas kalau itu pesawat sipil. Itu aja," tegasnya.


Mengenai jalur utara Eropa, di mana konflik di Ukraina sedang memanas, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah melarang tegas seluruh maskapai di Indonesia melewati jalur tersebut.


Meskipun dari sisi jarak dan operasional lebih irit. "Makanya, banyak juga (maskapai penerbangan luar) yang lewat jalur utara," tambahnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya