Singapura Jadi Tujuan Favorit Perjalanan Masyarakat RI

Bandara Changi, Singapura
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews - Singapura masih menjadi tujuan favorit perjalanan internasional yang dilakukan masyarakat Indonesia. 

Sekjen Gerindra Sebut Syarat Utama Bakal Calon Menteri Kabinet Prabowo-Gibran 

Hal tersebut berdasarkan data pemesanan dan penjualan tiket Traveloka.com, perusahaan yang bergerak di bidang pemesanan tiket pesawat secara online, pada semester I-2014.

Sementara itu, untuk perjalanan domestik, didominasi oleh kota-kota seperti Surabaya, Denpasar, Medan, Yogyakarta, dan Palembang.

"Untuk rute internasional, Singapura tetap menjadi tujuan utama," ujar Managing Director Traveloka.com, Ferry Unardi, dalam keterangan tertulisnya, Selasa 22 Juli 2014.

Selain itu, dia mengatakan, pola perjalanan konsumen Indonesia sedikit berubah, khususnya dalam hal tenggang waktu pemesanan tiket ke waktu perjalanan yang menjadi semakin dekat.

Menurut dia, apabila pada 2013 konsumen Indonesia memesan tiket rata-rata 18 hari sebelum waktu keberangkatan, pada semester I-2014 ini tenggang waktunya menjadi 13 hari.

Salah satu penyebabnya, karena masyarakat Indonesia sudah lebih terbiasa dan memiliki informasi lebih baik mengenai proses perjalanan udara dibandingkan tahun lalu, sehingga proses pemesanan tiket dan persiapan perjalanan dapat dilakukan dengan lebih singkat.

Lebih lanjut, dia mengatakan, tahun ini tren pemesanan tiket dan perjalanan konsumen Indonesia diperkirakan terus positif berlangsung hingga akhir 2014.

Namun, tren tersebut juga dapat berubah terkait hasil Pemilu 2014 dan rencana pemerintah untuk mengurangi subsidi BBM yang tentunya akan mendongkrak harga barang kebutuhan dan mempengaruhi kemampuan daya beli serta alokasi belanja konsumen.

Traveloka.com mencatat rata-rata pertumbuhan per bulan sebesar 17,7 persen untuk jumlah tiket yang terjual dari Januari-Juni 2014. Jumlah tiket yang dipesan pun tumbuh 16,2 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

"Pertumbuhan bisnis Traveloka.com pada semester I-2014 cukup stabil dan kami senang dapat melampaui target pertumbuhan 15 persen yang kami tetapkan pada awal 2014," ujarnya.

Ferry mengatakan, perusahaan mulai menjual tiket pesawat pada April 2013 dan saat ini Traveloka.com telah melayani 250 ribu kunjungan per hari. Jika dibandingkan dengan penjualan tiket pada kuartal kedua 2013, jumlah penjualan tiket pada kuartal kedua 2014 melesat 544 persen.

Menurut dia, lonjakan tersebut disebabkan oleh banyaknya mitra maskapai yang bekerja sama dengan Traveloka.com dalam setahun ini. Akibatnya, kapasitas penjualan semakin besar. (art)

Museum MACAN

Museum MACAN Open House sampai 21 April, Bisa Jadi Ide Hangout!

Ingin menghabiskan waktu yang berbeda dari biasanya bersama keluarga, teman, atau bahkan pasangan? Kamu bisa jadikan Museum MACAN ide hangout karena sedang open house.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024