Jelang Lebaran, Perhiasan Emas Diburu Masyarakat

Emas
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Lebaran identik dengan baju baru dan perhiasan baru. Setidaknya, idiom itu masih berlaku hingga saat ini. Hal itu terlihat menjelang Lebaran ini, masyarakat mulai berburu perhiasan, khususnya emas.

Sejumlah toko yang menjual emas-emasan mulai diserbu oleh konsumen. Seperti Sumber Makmur, salah satu toko yang paling banyak dipilih masyarakat untuk membeli perhiasan emas baik cincin maupun kalung.

"Pembelian emas mulai meningkat dalam 3 hari terakhir ini. Diprediksi hingga hari Minggu 27 Juli 2014, permintaan perhiasan akan meningkat," kata Hartono, salah satu karyawan toko emas Sumber Makmur di Kabupaten Bantul, DIY, Rabu 23 Juli 2014.

Toko emas dan perhiasan terbesar di Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul ini memiliki enam outlet, tiga diantaranya di pasar baru Imogiri dan tiga outlet lain di kawasan pasar lama. 

Hartono mencatat, sudah ada ribuan jenis transaksi pembelian dan tukar tambah perhiasan emas. Setiap harinya, penjualan emas sudah menembus sekitar satu kilogram.

"Dari pantauan paling banyak terjual jenis cincin dan kalung," jelasnya.

Menurut Hartono,  emas berkadar 42 persen atau 10 karat menjadi yang paling laris dipilih masyarakat menjelang Lebaran.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Mudah Diuangkan

Harga jenis emas ini dipatok di harga Rp250 ribu per gram. Sebaliknya, untuk transaksi jenis emas kadar 70 persen atau 22 karat terlihat masih sepi dan justru lebih laris emas muda berkarat kadar 30 persen atau 8 karat seharga Rp195 ribu per gram.

"Emas muda lebih diminati, karena pengaruh tingkat daya beli emas untuk masyarakat pinggiran," ungkapnya.

Anik, seorang karyawan toko perhiasan dan emas di Imogiri yang lain, juga membenarkan pembelian perhiasan emas sudah ada peningkatan. Di toko emas tempat Anik bekerja, untuk tukar tambah emas baru tak kalah ramai.

Pembelian perhiasan emas menjelang Lebaran di Bantul seakan sudah menjadi kebiasaan masyarakat tradisional di kawasan pinggiran.

Emas menjadi salah satu tabungan yang setiap saat mudah diuangkan kembali sewaktu-waktu membutuhkan uang. (ren)

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan [dok. Kemenko Marves]

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua sekaligus anggota Dewan Sumber Daya Air Nasional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024