Tips Berbelanja Online dengan Aman Selama Masa Lebaran

Ilustrasi Transaksi Kartu Kredit
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews - Setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh, kini umat Islam menyongsong datangnya Hari Raya Idul Fitri. Kebiasaan membeli pakaian baru untuk dipakai di hari raya menjadi tradisi dari masa ke masa.

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Jika Anda berencana untuk melakukan belanja melalui toko online selama masa Lebaran, Anda perlu menyimak beberapa tips untuk memberikan pengalaman berbelanja online yang aman, lancar, dan terjamin.

Berikut tips berbelanja online, disampaikan MasterCard melalui keterangan tertulisnya:

1. Lindungi privasi Anda

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Jangan memperlihatkan informasi pribadi kecuali Anda mengetahui dengan baik siapa pihak yang mengumpulkannya dan bagaimana data tersebut digunakan. Beberapa situs menjual informasi pelanggan mereka kepada pihak ketiga, oleh karena itu periksalah secara teliti dan jangan berbagi informasi yang Anda miliki apabila tidak ingin orang lain menggunakannya.

2. Berhati-hatilah terhadap penipuan

Tidak sulit untuk membuat sebuah situs di internet. Jadi, yang harus Anda lakukan adalah melakukan pengecekan secara seksama terhadap toko/ritel di mana Anda ingin membeli, terutama jika Anda belum pernah mengetahui toko tersebut sebelumnya.  

3. Gunakan browser yang aman

Mobil Listrik Vinfast Pakai Sistem Sewa Baterai, Segini Biayanya

Biasanya browser menggunakan sandi untuk setiap informasi pembelian yang Anda kirim melalui Internet, sehingga transaksi menjadi lebih aman. Mayoritas browser menerapkan hal ini sebagai fitur standar.

4. Gunakan kartu kredit atau debit

Ini penting ketika melakukan pembelian online, karena kemungkinan terjadinya transaksi tidak resmi akan dibatasi. Transaksi tidak resmi biasanya tercakup dalam MasterCard’s Zero Liability policy, di mana bank Anda akan mengembalikan setiap transaksi tidak resmi tersebut.

Namun demikian, merupakan tanggung jawab Anda untuk melaporkan setiap hal yang mencurigakan terhadap kartu Anda, atau jika kartu Anda hilang maupun dicuri kepada institusi keuangan.

5.Selektif memilih penyedia jasa keuangan

Gunakan penyedia jasa keuangan yang menyediakan tingkat keamanan ekstra untuk pembelian online, sehingga melindungi informasi rahasia pemegang kartu. Hal ini biasanya dilakukan dengan memberikan kata sandi (password) tambahan yang hanya diketahui oleh pemegang kartu, contohnya adalah dengan MasterCard SecureCode.

Fitur keamanan ini memberikan perlindungan tambahan untuk para pemegang kartu dari para peretas (hacker) dan penipu di di dunia maya, serta memberikan keamanan online di semua tingkatan.

6. Simpanlah catatan transaksi dan bukti pembayaran online

Ingatlah untuk memeriksa rincian pembayaran sebelum melakukan pembayaran akhir; periksa kebijakan pengembalian barang dan cakupan perlindungan data pribadi anda. Akhirnya, print bukti transaksi, dapatkan salinan email langsung kepada Anda, dan pastikan bahwa jumlah pembelian sesuai dengan tagihan Anda di akhir bulan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya