Orang Terkaya Ini Janji Akan Sumbangkan 99% Kekayaan Miliknya

Warren Buffett
Sumber :
  • Forbes

VIVAnews - Selain dikenal sebagai miliarder yang piawai di bisnis investasi, Warren Buffett juga dikenal sebagai orang yang dermawan.

Baru-baru ini, dikutip dari laman Forbes, Rabu 23 Juli 2014, Buffet diketahui memberikan sumbangan senilai US$2,8 miliar kepada Bill and Melinda Gates Foundation dan ke beberapa badan amal lainnya.

Buffett telah memecahkan rekor sumbangan pribadi terbesar. Tahun sebelumnya, Buffett juga tercatat telah menyumbang sebesar US$2,6 miliar.

Sumbangan dalam jumlah yang cukup besar itu telah menyebabkan jumlah keseluruhan kekayaannya berkurang dan Buffett tergelincir satu peringkat dalam daftar miliarder terkaya di dunia.

Sumbangan terbarunya, yakni ia memberikan lebih dari 21,7 juta saham Berkshire Hathaway kelas B dengan harga US$128,98 per lembar saham. Jumlah kekayaannya turun dari US$65,9 miliar menjadi US$63,1 miliar.

Berkurangnya jumlah kekayaan yang dimilikinya, menyebabkan Buffet tersingkir dan pindah menjadi miliarder terkaya di dunia peringkat empat setelah, Amancio Ortega, pengusaha fashion dan real estate.

Sumbangan lainnya yang diberikan Buffett tahun ini yakni dengan menjual 16,59 juta saham senilai US$2,1 miliar untuk yayasan milik Bill Gates yang fokus untuk mengurangi tingkat kemiskinan di dunia, membantu pendidikan di AS, dan membantu meningkatkan kemampuan teknologi.

Dia memberikan sumbangan US$215 juta ke Susan Thompson Buffett Foundation, yayasan milik istrinya yang fokus memberikan beasiswa pendidikan untuk anak-anak kurang mampu.

Selain itu, Buffett juga memberikan sumbangan ke The Howard G. Buffett Foundation, The Sherwood Foundation dan The NoVo Foundation, tiga yayasan milik tiga anaknya, yakni Howard, Susan, dan Peter. Masing-masing dari tiga yayasan itu memperoleh dana US$150 juta.

Tahun lalu, Buffett menyumbangkan 22,87 juta lembar saham senilai US$2,6 miliar, salah satunya untuk menyumbang ke Gates Foundation dan yayasan lain milik istri dan anak-anaknya.

Buffett dan Bill Gates adalah sahabat dekat dari dulu. Mereka dikenal sebagai miliarder yang paling dermawan di dunia dan menginspirasi banyak miliarder lainnya.

Pada 2010, keduanya mendapat julukan The Giving Pledge. Yang paling menakjubkan dari Warren Buffett adalah pernyataannya bahwa sepanjang hidupnya, dia berjanji akan memberikan 99 persen seluruh kekayaan yang dimilikinya untuk kegiatan amal.

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

Sejauh ini Buffett tercatat telah menyumbang sebesar US$23 miliar. Gates memimpin menjadi yang paling dermawan di dunia dengan jumlah sumbangan US$28 miliar. (asp)

Arsenal

Ian Wright Sebut 2 Pemain Ini Dibutuhkan Arsenal untuk Taklukkan Bayern Munich, Siapa Mereka?

Ian Wright mengklaim bahwa bintang PSG Vitinha dan pemain Manchester City Kevin De Bruyne memiliki faktor X yang sangat tidak dimiliki Arsenal saat melawan Bayern Munich.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024