Saham Asia Naik Jelang Rilis Data Manufaktur Tiongkok

Pialang sedang mengamati pergerakan saham di Tokyo Stock Exchange
Sumber :
  • Reuters
VIVAnews
Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States
- Pasar saham Asia cenderung menguat pada awal perdagangan bursa Kamis meski investor masih mengambil sikap hati-hati. Hal ini ditengarai merupakan pengaruh musim laporan laba perusahaan yang mulai berlangsung di Kawasan Asia serta menjelang rilis data manufaktur utama dari Tiongkok.

Kembali Lagi ke Jakarta Setelah 5 Tahun, TVXQ: Akhirnya Bertemu Kembali

Seperti diberitakan
Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero
CNBC, Kamis 24 Juli 2014, indeks pembelian manajer (Purchasing Managers' Index/PMI) yang menunjukkan ativitas pabrik Tiongkok selama bulan Juli dijadwalkan akan disampaikan hari ini. Diharapkan indeks ini menunjukkan peningkatan ke level 51. Sebagaimana diketahui, PMI bulan Juni sebesar 50,7.


Indeks S&P 500 di bursa Wall Street, Amerika Serikat, berhasil mencetak rekor kenaikannya yang baru pada penutupan sesi perdagangan Rabu dengan menguat 0,2 persen ke level 1.987. Namun indeks Dow Jones terseret turun oleh saham Boeing karena capaian pendapatan perusahaan yang lebih rendah pada kuartal kedua. Keuntungan produsen pesawat ini meningkat 52 persen, namun pada periode tersebut pembiayaan program tanker perusahaan ternyata cukup besar, mencapai US$272 miliar.


Indeks Nikkei di bursa Tokyo pagi ini cenderung mendatar. Pergerakan indeks acuan pasar saham Jepang ini di awal transaksi hanya sedikit berubah dari level penutupan sesi sehari sebelumnya. Kondisi ini dipengaruhi data neraca perdagangan Juni yang mengecewakan. Kinerja ekspor secara tak terduga turun 2 persen, padahal sebelumnya banyak kalangan memperkirakan akan terjadi kenaikan 1 persen. Sementara itu, impor naik 8,4 persen sehingga defisit melebar menjadi sekitar US$8,1 miliar.


Saham produsen kamera, Canon, menguat 0,2 persen menjelang laporan pendapatan kuartalan siang ini. Sedangkan saham produsen motor, Nidec, reli lebih dari 1 persen setelah kemarin membukukan kenaikan 2,5 persen laba operasional kuartal pertama, dibandingkan periode yang sama tahun lalu.


Sementara itu, indeks S&P ASX 200 di bursa Sydney juga mendatar. Indeks patokan pasar saham Australia ini diperdagangkan pada level 5.579,70.


Saham-saham sektor keuangan mendapat sorotan pelaku pasar terkait laporan pendapatan. Saham Macquarie Group kehilangan hampir 2 persen setelah merilis proyeksi untuk tahun depan yang dinilai cenderung terlalu berhati-hati.


Saham Insurance Australia Group naik 1,5 persen setelah perusahaan mengatakan kinerja tahun fiskal 2014 meningkat.


Adapun indeks Kospi di bursa Seoul naik 0,2 persen. Indeks utama pasar saham Korea Selatan ini diperdagangkan lebih tinggi dari level penutupan Rabu kemarin, meskipun perkiraan produk domestik bruto kuartal kedua hanya meningkat 0,6 persen dari kuartal sebelumnya. Ini dianggap sebagai pertumbuhan yang paling lambat dalam kurun lebih dari satu tahun.


Saham pembuat memori chip, Hynix SK, tergelincir 2 persen setelah mengumumkan penurunan laba operasional tahunan di kedua kuartal sebesar 2,7 persen.


Pasar masih mencermati perkembangan situasi geopolitik antara Israel dan Palestina terkait konflik militer di Jalur Gaza, serta langkah lebih lanjut terhadap kelompok separatis di timur Ukraina terkait dugaan menembak jatuh pesawat Malaysia Airlines MH17 menggunakan rudal.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya