Manfaat Kartu Elektronik Saat Perjalanan Mudik

Ilustrasi Transaksi Kartu Kredit
Sumber :
  • REUTERS
VIVAnews
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Ada banyak alternatif alat pembayaran yang Anda kini bisa gunakan, termasuk kartu pembayaran elektronik. Anda bisa menggunakan kartu-kartu elektronik seperti kartu pra-bayar, kartu kredit dan kartu debit, untuk memperlancar kehidupan Anda sehari-hari dan juga dalam perjalanan mudik nanti.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Mari melihat bagaimana alat-alat pembayaran selain
Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos
cash bisa membantu Anda, bahkan menghemat biaya, saat Anda mudik nanti.

Kartu pra-bayar


Sebuah bank telah bekerja sama dengan pengelola tol untuk menyediakan kartu prabayar bagi pengguna tol. Pengguna tol dapat membayar biaya tol di gardu otomatis, yang antreannya lebih pendek dibanding gardu konvensional. Jadi, memiliki kartu ini bisa mempercepat waktu antrean Anda di jalan tol.


Minimarket di jalur mudik akan penuh ketika mudik tiba, khususnya pada jam buka puasa. Percepat proses transaksi Anda dengan membayar dengan kartu
top up
. Kartu
top up
tinggal ditempelkan ke mesin yang otomatis mengurangi saldo Anda. Anda tidak usah ribet mencari uang kecil dan menunggu kembalian.


Kartu kredit


Anda pasti akan membeli banyak bensin ketika mudik membawa kendaraan sendiri. Gunakan ini sebagai kesempatan untuk mengumpulkan poin
reward
sebanyak-banyaknya dengan membayar bensin menggunakan kartu kredit. Poin yang terkumpul bisa digunakan untuk mendapat
voucher, gadget,
bahkan tiket pesawat tanpa membayar.


Anda juga bisa menggunakan kartu kredit ketika singgah di mal untuk makan di restoran sebelum melanjutkan perjalanan. Berbagai penyedia kartu kredit bekerja sama dengan restoran untuk memberi pengguna kartu kredit diskon atau promo. Ini akan membantu Anda menghemat pengeluaran saat mudik.


Selain menikmati makan di restoran, Anda juga bisa membeli oleh-oleh yang kelupaan untuk sanak-saudara Anda. Cukup cari
merchant
yang melakukan promo khusus dengan penyedia kartu kredit Anda. Anda bisa berhemat sambil membuat sanak-saudara Anda bahagia.


Kartu debit


Keuntungan terbesar dari kartu debit adalah Anda bisa menarik uang di ATM tanpa dikenakan bunga, tidak seperti kartu kredit.


Selebihnya, Anda bisa menggunakan kartu debit layaknya kartu
top up
dan kartu kredit. Namun, Anda tidak bisa mengumpulkan poin layaknya kartu kredit. Di sisi lain, Anda tidak akan dikenakan bunga jika berbelanja dengan kartu debit saat mudik.


Menggunakan alat pembayaran elektronik akan mengurangi perlunya membawa uang
cash
dalam jumlah yang banyak. Tentunya, ini akan lebih praktis bagi Anda yang akan menempuh jarak jauh saat mudik. Selamat mudik dan semoga selamat sampai tujuan! (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya