Susul Jejak Kenaikan S&P, Pasar Saham Asia Menguat

Tokyo Stock Exchange
Sumber :
  • REUTERS/Kim Kyung-Hoon
VIVAnews
Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim
- Pasar saham di kawasan Asia sebagian besar menguat pada awal perdagangan Jumat, menyusul rekor penutupan baru indeks S&P 500 kemarin di bursa New York, AS.

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Seperti diberitakan
Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali
CNBC, Jumat 25 Juli 2014, laporan laba mendominasi perdagangan di Wall Street, dengan saham Facebook melonjak lebih dari 5 persen sehingga memberikan hasil yang cukup kuat pada Kamis. Namun saham Caterpillar tenggelam 3 persen setelah melaporkan pendapatan yang sedikit lebih rendah dari perkiraan.


Adapun di sisi perekonomian AS, klaim pengangguran pada pekan ini turun ke level terendah dalam kurun hampir delapan tahun terakhir. Sedangkan penjualan properti rumah baru turun 8 persen di bulan Juni.


IMF kembali memangkas proyeksi pertumbuhan global pada Kamis kemarin, turun ke level 3,4 persen untuk tahun ini, sebelumnya pada April itu diperkirakan mencapai 3,7 persen. Terkait risiko geopolitik atas Ukraina dan Irak, pasar utama di negara-negara berkembang diharapkan dapat memimpin pertumbuhan lebih lanjut.


Indeks Nikkei di bursa Tokyo pagi ini menguat 0,4 persen. Indeks acuan pasar saham Jepang ini rebound setelah turun 0,3 persen pada sesi perdagangan Kamis kemarin yang dipicu kenaikan inflasi 3,3 persen dalam setahun pada bulan Juni.


Kenaikan indeks Nikkei dibatasi oleh penguatan Yen ke level 101,7 per dolar AS. Sebelumnya, mata uang Jepang mencapai level terendah dalam pekan ini, yaitu 101,86 per dolar AS pada transaksi di pasar spot Kamis kemarin.


Saham produsen kamera, Canon, tergelincir 0,2 persen meskipun melaporkan laba bersih kuartal kedua naik 21,6 persen dalam setahun. Saham NTT DoCoMo naik lebih dari 2 persen menjelang laporan pendapatan kuartal pertama siang ini.


Sementara itu, indeks S&P ASX 200 di bursa Sydney cenderung mendatar. Indeks patokan pasar saham Australia ini diperdagangkan pada level 5.572,00.


Saham gerai ritel, Woolworths, merayap turun 0,4 persen setelah mengumumkan bahwa perusahaan mendapat persetujuan dari regulator untuk tawaran pengambilalihan saham Country Road.


Saham penambang emas cenderung
underperformed
setelah harga emas melemah kemarin. Saham evolution Mining dan Alacer Gold masing-masing kehilangan lebih dari 3 persen.


Adapun indeks Kospi di bursa Seoul naik 0,1 persen. Indeks utama pasar saham Korea Selatan ini membalas kekalahan selama dua hari berturut-turut kemarin. Kenaikan ini dipengaruhi sambutan baik para investor atas laporan laba sejumlah perusahaan.


Saham raksasa pembuat baja, POSCO, melonjak 1 persen setelah melaporkan penurunan tajam dalam keuntungan karena menguatnya won. Sementara itu, saham Shinhan Financial naik 0,3 persen setelah mengumumkan kenaikan hampir 10 persen laba interim.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya