Raup Untung Besar dari Penjualan Janur Ketupat

Lebaran Ketupat
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
TERPOPULER: Ramalan Zodiak Hingga Anemia Aplastik yang Diderita Babe Cabita
- Jelang lebaran, banyak pedagang yang meraup keuntungan besar. Termasuk, pedagang janur ketupat di Kendal, Jawa Tengah, yang panen rezeki. Mereka bisa meraup keuntungan hingga tiga kali lipat dari berdagang janur ketupat.

Kapolres-Wali Kota Jaksel Kompakan Patroli Malam Takbiran Pakai Motor

Rata-rata, mereka membeli janur di pasar seharga Rp80.000 per ikat lalu, ia jual janur yang sudah berbentuk ketupat dengan harga Rp225.000 per ikat.
Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris


Pedagang janur di Pasar Weleri, Kendal, Jawa Timur ini mulai menjamur menjelang Lebaran. Mereka berdatangan dari pelosok desa, bahkan beberapa di antaranya dari luar kota.


Menurut salah satu pedangang, mereka bisanya hanya menjual janur ini setahun sekali, hanya menjelang lebaran. Sebab, hampir semua orang yang merayakan Idul Fitri membuat ketupat dan lepet.


Salah satu penjual janur, Sumarti, misalnya, dia membeli janur itu di wilayah Banyuputih, Batang. Dalam sehari, dia bisa menjual empat sampai lima ikat janur. Satu ikat, dia jual seharga Rp225.000, dia juga menjual janur eceran dengan harga bervariasi tergantung besar kecilnya janur. Paling murah, dia jual dengan harga Rp15.000. Sementara itu, paling mahal dia jual Rp35.000.


Penjual janur, tak hanya ada di Pasar Weleri saja, tetapi hampir di semua pasar tradisional Kabupaten Kendal juga banyak yang menjual.


(Laporan: tvOne Kendal/Teguh Joko Sutrisno/asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya