BII Kucurkan Rp1,5 Triliun untuk Pengembangan Bandara AP II

Suasana riuh Terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta.
Sumber :
  • Istimewa

VIVAnews - PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) menjalin kerja sama strategis dengan PT Angkasa Pura II dalam penyediaan fasilitas pinjaman berjangka sebesar Rp1,5 triliun. Pinjaman ini, nantinya akan digunakan untuk pengembangan bandara AP II, terutama Bandara Soekarno-Hatta.

AP II merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengelola 13 bandara di wilayah barat Indonesia, termasuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Presiden Direktur BII, Taswin Zakaria, Senin 11 Agustus 2014, mengatakan, melalui penyediaan fasilitas pinjaman berjangka 10 tahun, BII mendukung proyek pengembangan bandara yang dikelola AP II, khususnya Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

AP II, kini tengah melakukan berbagai pengembangan dan pembangunan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, di antaranya adalah Terminal 3 Ultimate yang diproyeksikan sebagai terminal penumpang pesawat tercanggih di Indonesia.

Setelah pembangunan Terminal 3 Ultimate selesai tahun depan, AP II akan melakukan revitalisasi Terminal 1 dan Terminal 2. Adapun nantinya usai pengembangan dan pembangunan terminal-terminal tersebut, kapasitas daya tampung di Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi 61 juta penumpang atau naik 177 persen dibandingkan dengan kapasitas sekarang 22 juta penumpang.

Pembangunan lain yang tengah disiapkan di bandara yang meraih predikat The 4th World’s Most Improved Airports dari Skytrax itu adalah integrated building yang terletak di antara Terminal 1 dan Terminal 2.

Integrated building diproyeksikan menjadi gedung one stop service, di mana di dalamnya terdapat area komersial, mal, hotel, area parkir, stasiun kereta, serta stasiun automated people mover system yang merupakan alat transportasi khusus di dalam area bandara.

"Penyediaan fasilitas pinjaman berjangka kepada AP II sejalan dengan misi humanizing financial services, yang merupakan wujud dari komitmen BII untuk mendukung upaya pemerintah di bidang pembangunan infrastruktur di Indonesia, termasuk pengembangan bandara sebagai pendukung transportasi udara dan pariwisata," kata Taswin.

Sementara itu, Direktur Utama AP II, Tri S. Sunoko, mengatakan, kemitraan dengan BII merupakan salah satu upaya perusahaan untuk menjadikan Bandara Internasional Soekarno-Hatta berkelas dunia.

"Setelah kami melakukan seleksi terhadap beberapa bank, hanya BII yang dapat memenuhi ekspektasi AP II untuk berperan sebagai kreditor guna memperlancar pengembangan yang tengah dilakukan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta," kata dia.

Tri menambahkan, kerja sama dengan BII ini sekaligus menunjukkan kepercayaan dunia perbankan terhadap kinerja positif AP II saat ini dan ke depannya.

"AP II tengah melakukan pembangunan dan pengembangan hampir di seluruh bandara yang dikelolanya. Khusus Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dana yang diperlukan sekitar Rp26 triliun untuk periode 2007 hingga 2020," kata dia.

Menurut Tri, guna memenuhi kebutuhan sebagian dana investasi tersebut, AP II membuka opsi pendanaan dari perbankan, lembaga keuangan non-bank, dan sumber lainnya. BII memiliki komitmen untuk mendukung ekspansi bisnis BUMN, yang saat ini ditangani unit khusus BUMN di BII.

Sementara itu, tahun ini, sebelumnya BII juga melakukan kemitraan strategis dengan salah satu BUMN terkemuka di industri penerbangan. Upaya ini akan diikuti dengan beberapa kerja sama strategis dengan BUMN lainnya, yang bukan hanya akan berdampak positif bagi perkembangan bisnis BII dan mitra BUMN, tetapi lebih jauh dapat memberikan kontribusi bagi perekonomian nasional. (art)

Momen Bersejarah, Al Quran Berbahasa Gayo Hadir Memperkuat Identitas dan Budaya Aceh
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

Polda Metro Jaya menegaskan bakal memberikan pengamanan pada seluruh gereja yang ada di wilayah Jadetabek saat Tri Hari Suci Paskah yang dimulai hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024