500 Koperasi Pasarkan Pelumas Pertamina

Pertamina luncurkan pelumas dengan Nano Guard
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi
VIVAnews
Pertamina Patra Niaga Tetap Salurkan Pertalite Sesuai Penugasan Pemerintah
- Sebanyak 500 koperasi dan UKM binaan Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) Kementerian Koperasi dan UKM, siap memasarkan produk hilir PT Pertamina di seluruh wilayah Indonesia.

Ahli Propaganda Terkenal di Korut Kim Ki Nam Meninggal Dunia

"Ini dalam rangka memperkuat perekonomian daerah," kata Direktur Utama LPDB-KUMKM, Kemas Danial, dalam keterangannya, Selasa 12 Agustus 2014.
Yusril Nilai Prabowo Tak Bisa Otomatis Tambah Kementerian, Mesti Revisi UU atau Bikin Perppu


Dia mengatakan, koperasi dan UKM sangat diperlukan agar ada peningkatan produk nasional, sehingga bisa bersaing dengan produk asing yang mulai membanjiri Indonesia.


LPDB-KUMKM saat ini telah memiliki jaringan se-Indonesia. Saat ini, jumlah koperasi binaan sekitar 3.106 unit. Dari jumlah itu, 500 unit telah siap bekerja sama dengan Pertamina untuk menyalurkan produk hilir Pertamina, seperti oli pelumas, elpiji, dan lainnya.


Kemas mengatakan, banyak dampak positif dan nilai tambah dengan kerja sama ini.
Pertama
, mendorong penguatan koperasi-UMKM dalam meningkatkan perekonomian masyarakat daerah.
Kedua
, meningkatkan pemasaran dan penggunaan produk nasional oleh masyarakat Indonesia.


Ketiga
, meningkatkan daya saing produk nasional dari serbuan produk asing.
Keempat
, membantu masyarakat terhindar dari produk palsu dan berkualitas rendah yang saat ini banyak beredar di pasaran.


Dalam dua tahun terakhir, dia mengklaim, kinerja LPDB-KUMKM semakin membaik. Ini dibuktikan dengan peningkatan alokasi anggaran penyaluran dana bergulir dari pemerintah melalui LPDB-KUMKM pada 2014 sebesar 37,57 persen dari tahun 2013. Pada tahun lalu, total penyaluran dana Rp1,92 triliun, dan pada 2014 mencapai Rp2,65 triliun.


Direktur Sales dan Marketing PT Pertamina Lubricants, Rifky E. Hardijanto, memastikan koperasi dan UMKM akan mendapatkan produk hilir asli dari Pertamina serta kualitasnya terjamin.


"Kami memberi dukungan pada koperasi agar bisa meningkatkan kualitas produk dan mampu bersaing dengan produk asing," katanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya