Ngotot Restrukturisasi, Dahlan Tak Mau Merpati Disuntik Dana

Pesawat Merpati
Sumber :
  • airliners.net
VIVAnews
Blak-blakan, Putri Anne Ngaku Belum Bisa Move On dari Arya Saloka
- Menteri BUMN, Dahlan Iskan, tetap ingin ada restrukturisasi utang PT Merpati Nusantara Airlines (Persero). Sebab, upaya itu disebut sebagai jalan satu-satunya untuk menyelamatkan Merpati. Dahlan pun menolak maskapai pelat merah itu disuntik dana.

Melesat Naik Pangkat Jenderal Bintang Dua TNI, Mayjen Bangun Nawoko Kini Jabat Pangdivif 3 Kostrad

Dahlan mengatakan, saat ini utang Merpati menggunung hingga Rp7,9 triliun dan ada beban kerugian sebanyak Rp9,2 triliun. Untuk menghidupkan kembali maskapai tersebut, telah disinggung bahwa jalannya adalah restrukturisasi utang.
IHSG Dibayangi Koreksi Wajar Akibat Fluktuasi Rupiah hingga Kondisi Geopolitik Global


"Dengan demikian, bukunya Merpati bersih, baru Merpati itu bisa disehatkan. Tanpa itu, Merpati tidak mungkin bisa disehatkan," kata dia, Senin 18 Agustus 2014.


Kemudian, Dahlan mengatakan, utang Merpati kepada pihak swasta yang mencapai Rp2 triliun harus diselesaikan dulu. Rencananya, penyelesaian utang ini akan melalui Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).


"Ini yang minggu depan prosesnya mulai, yaitu lewat PKPU. Direksi akan mengajukan ke PKPU agar utang Rp2 triliun kepada 1.000 pihak sudah diselesaikan dengan cara restrukturisasi," kata dia.


Kalau PKPU sudah memutuskan hasilnya, barulah Kementerian Keuangan dan Kementerian BUMN memutuskan status utang Merpati kepada pemerintah dan perusahaan BUMN lainnya. "Itu nanti kami minta izin ke DPR," kata dia.


Dahlan sendiri menolak kalau ada suntikan dana yang dialirkan ke Merpati. Dia berpendapat lebih baik maskapai tersebut tak disuntik dana.


"Tanpa itu, Merpati tak bisa diselamatkan. Misalnya, katakan, 'Bisa nggak di
drop
saja uang dari negara Rp500 miliar?' Bisa, kalau DPR menyetujui, Menteri Keuangan setuju. Tapi, saya tidak akan mengusulkan, karena uang itu akan hilang begitu saja. Tidak cukup untuk menyehatkan Merpati. Lebih baik tidak dikasih uang sama sekali. Tapi, disetujui restrukturisasinya tadi," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya