Rute Perdana Garuda Jakarta-London Habis Dipesan

Mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Emirsyah Satar.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews -- Maskapai nasional Garuda Indonesia pada Selasa malam meresmikan rute penerbangan baru Jakarta menuju London. Penerbangan perdana rencananya akan dilakukan pada 8 September 2014 dengan menggunakan pesawat 777-300 ER.

Demikian ungkap CEO PT Garuda Indonesia, Emirsyah Satar yang ditemui media di Gedung Kedutaan Besar Inggris, Kuningan, Jakarta Selatan. Kendati terbang menuju ke London, namun pesawat akan transit satu kali di Amsterdam, Belanda. Penerbangan langsung ke London, ungkap Emir, baru akan dimulai pada tahun 2015.

"Sebetulnya, saat ini juga sudah bisa penerbangan langsung. Tetapi, karena ingin membangun pasar lebih dulu, Garuda menyatukan rutenya dengan Amsterdam. Nanti, setelah marketnya terbentuk, baru terbang langsung. Lagipula, kemampuan pesawatnya sudah bisa," ujar Emir.

Kendati dibanderol dengan harga tiket yang cukup mahal, namun Emir mengatakan semua kursi untuk penerbangan perdana tanggal 8 September mendatang telah habis dipesan.

"Untuk penerbangan 8 September nanti, terdiri dari 8 seat untuk first class, 38 seat untuk business class dan 214 seat untuk economy class. Itu semua sudah full booked," papar Emir.

Ditanya alasan dibukanya penerbangan menuju ke London, Emir mengatakan, hal itu tidak terlepas dari hubungan bilateral Indonesia dengan Inggris yang semakin baik. Jumlah arus pergerakan turis dan pebisnis dari Inggris ke Indonesia dan sebaliknya juga besar.

"Oleh sebab itu, Garuda ingin membangun jembatan, agar Indonesia dan Inggris bisa merealisasikan komitmen yang ingin meningkatkan nilai perdagangan hingga US$4,4 miliar," kata dia.

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Dia berharap penerbangan menuju ke London itu bisa mengangkut penumpang setidaknya 16 ribu orang per tahun.

Dalam kesempatan itu, dia turut memaparkan rencana rute Garuda selanjutnya. Setelah terbang ke London, rencananya Garuda akan membuka penerbangan langsung ke Paris, Milan dan Jerman. Untuk ke Jerman, Emir mengaku belum menentukan kota tujuan.

"Bisa jadi ke Frankfurt atau ke Munich. Namun, kami belum tentukan," imbuh dia.

Sementara untuk rute penerbangan ke Paris, Emir mengatakan, masih terus melihat pangsa pasarnya.

"Kami masih terus memperhatikan pangsa pasarnya. Apakah untuk permulaan harus melewati Amsterdam dulu lalu lanjut ke Paris. Jadi, jangan sampai terbang tapi pesawatnya sepi penumpang," kata dia.

Sementara Duta Besar sementara Inggris untuk Indonesia, Rebecca Razavi di tempat yang sama mengaku bahagia dengan pembukaan rute ini.

"Langkah ini akan semakin mempererat hubungan kami dengan Indonesia, meningkatkan bisnis dan pariwisata bagi kedua negara yang akhirnya juga akan menghubungkan kedua ibukota besar yaitu Jakarta dan London," ungkap dia.

Berdasarkan data dari Kedubes Inggris, sekitar 200 ribu warga dari Negeri Ratu Elizabeth itu berkunjung ke Indonesia. Sebagian besar dari mereka masih memilih Bali sebagai tujuan.

Rute penerbangan Jakarta-London via Amsterdam ini merupakan satu-satunya rute penerbangan langsung dari Indonesia ke Eropa dan menjadi rute penerbangan tercepat, nyaman dan efisien. Garuda Indonesia akan melayani penerbangan dari dan menuju ke London sebanyak lima kali setiap minggunya.

Penerbangan GA088 berangkat dari Jakarta pada pukul 00.55 LT dan tiba di Amsterdam pukul 09.40 LT, serta melanjutkan penerbangannya dari Amsterdam pada pukul 11.55 LT dan tiba di London Gatwick pukul 12.00 LT. Sementara, penerbangan GA089 dari London, berangkat pukul 13.10 LT dan tiba di Amsterdam pada pukul 15.15 LT untuk melanjutkan penerbangan ke Jakarta pukul 17.00 LT dan tiba di Jakarta pukul 11.40 LT.

Wakil Ketua DPD Mahyudin Harap Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 Memotivasi Anak Muda Bangsa
Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Menyambut Anggota Keluarga Baru

Terpopuler: Artis Keturunan Darah Biru sampai Proses Kelahiran Anak Perempuan Alyssa Soebandono

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 25 April 2024. Salah satunya tentang cerita dari prosesi kelahiran anak perempuan pertama Alyssa Soebandono.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024