Tekuni Bisnis Ternak Burung Kenari, Pria Ini Raup Ratusan Juta Rupiah

Kenari
Sumber :
  • http://www.blogostrong.com
VIVAnews
Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024
- Tren makin banyaknya penggemar burung dan sering diadakannya lomba burung berkicau, ternyata menjadi peluang bisnis yang bisa menghasilkan omzet ratusan juta rupiah setiap bulannya.

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States

Salah satunya, penggemar burung di Salatiga, Jawa Tengah, yang berhasil mengembangkan burung kenari berkualitas dan menjadi bakalan burung untuk kelas lomba burung.
Kembali Lagi ke Jakarta Setelah 5 Tahun, TVXQ: Akhirnya Bertemu Kembali


Burung kenari merupakan salah satu burung berkicau yang banyak penggemarnya, karena memiliki kicauan yang indah dan warna bulu yang beraneka ragam.

Adalah Winoto Raharja, yang sejak dua tahun belakangan ini mulai menekuni bisnis mengembangbiakkan burung kenari, sejak
booming
nya penggemar burung itu di Salatiga.


Awalnya, Winoto hanya penggemar burung kicauan dan sering mengikuti lomba. Dia sering membeli burung jadi siap lomba, yang harganya mencapai ratusan juta.


Untuk menghemat biaya, akhirnya tercetus ide mengembangkan ternak burung kenari yang berkualitas dan siap untuk lomba.


Winoto memaparkan, awalnya ia membeli 150 indukan dan 60 pejantan burung kenari yang berkualitas, dengan modal awal Rp700 juta. Bahkan, ada pejantan unggul yang dibeli seharga Rp200 juta.


Kini, dia sudah berkembang menjadi ratusan ekor. Winoto mengaku, setidaknya dalam sebulan, dia bisa menjual 45 ekor burung kenari dengan omzet ratusan juta.


Dia mengatakan, biasanya anakan burung berusia satu bulan sudah dijual dengan harga Rp1 juta hingga Rp5 juta, tergantung postur tubuh dan faktor keturunan pejantan yang berkualitas dan sering menang lomba.


Winoto menuturkan, mengembangkan burung kenari sangat mudah dan hanya membutuhkan kandang yang selalu bersih dan jauh dari kebisingan, agar proses bertelur tidak terganggu.


Untuk makan, burung kenari hanya diberi biji-bijian, telur puyuh, dan sayur sawi. Selain itu, kandang harus selalu dalam kondisi bersih. Usia burung kenari delapan bulan sudah siap bertelur. Dalam setiap bertelur, burung kenari mampu menetas maksimal empat ekor.


Lebih lanjut, Winoto memaparkan, dalam sebulan ia membutuhkan anggaran hingga Rp10 juta, untuk perawatan ratusan anakan, indukan, pejantan, maupun burung kenari yang siap lomba.


Biaya itu untuk membayar tiga tenaga perawatan, makanan, dan obat-obatan yang dalam sehari membutuhkan empat kilogram biji-bijian, sayur sawi 6 kg, dan 200 butir telur puyuh.


Selain menjual anakan burung kenari calon juara, Winoto juga menjual burung kenari yang berkualitas dengan harga Rp240 juta, karena sering menjuarai lomba burung berkicau. Menurutnya, burung yang sering menjuarai lomba memang akan mempunyai harga hingga ratusan juta.


Dia menambahkan, pembeli burung kenari berasal dari hampir semua kota di Pulau Jawa, terutama Bandung, Jakarta, dan Bogor. "Biasanya, pembeli datang langsung, maupun dikirim melalui paket," ungkapnya.


Winoto mengatakan, pembeli yang berasal dari luar kota, biasanya mengetahui burung kualitasnya dari event perlombaan burung berkicau dan mencari sendiri ke tempatnya. (
tvOne/Aditya Bayu/asp
)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya