Dua Perusahaan Ini Tak Setor Dividen Rp5,5 Triliun

Dahlan Iskan
Sumber :
  • VIVAnews/Tudji
VIVAnews
BNI Bakal Terbitkan Global Bond US$500 Juta, Jadi Incaran Investor Asing
- Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan, menyebutkan penerimaan dividen pada APBN-P 2014 tidak mencapai target. Sebab, ada dua perusahaan yang tak menyetor dividen kepada negara.

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

"Besaran target dividen pemerintah pada APBN-P tahun 2014 telah tercapai sebesar Rp36,2 triliun dari target Rp40 triliun," kata Dahlan dalam rapat kerja Kementerian BUMN dengan Komisi VI DPR di DPR RI, Jakarta, Kamis 21 Agustus 2014.
Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten


Dahlan mengatakan, PT Perusahaan Listrik Negara dan PT Freeport Indonesia tidak menyetor dividen. Adapun target setoran dividen dari PLN senilai Rp4 triliun dan Freeport sebesar Rp1,5 triliun.


"Tak ada setoran dividen dari PLN sebesar Rp4 triliun, karena mengalami kerugian akibat melemahnya nilai tukar rupiah dan Freeport sebesar Rp1,5 triliun karena penurunan operasi," kata dia.


Mantan dirut PLN itu mengatakan bahwa nantinya kekurangan setoran ini akan diusahakan dari Freeport dan BUMN lainnya.


Sementara itu, untuk target dividen tahun anggaran 2015, menurut Dahlan, lebih besar dari target dividen pada APBN-P 2014. "Adapun target dividen tahun anggaran 2015 dari laba BUMN tahun buku 2014 sebesar Rp41 triliun," kata dia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya