Freeport Janji Bayar Dividen Rp800 Miliar Tahun Ini

Sumber :
  • ANTARA/ Spedy Paereng

VIVAnews - Direktur Jenderal Anggaran, Kementerian Keuangan, Askolani mengungkapkan bahwa PT Freeport Indonesia berjanji akan membayarkan dividen kepada pemerintah pada tahun ini.

Detik-Detik Wanita ODGJ Ngamuk Rusak Minimarket di Bekasi, Pemotor Dipukuli

Dari Rp1,5 triliun yang seharusnya dibayarkan, yang mampu disetorkan hanya Rp800 miliar.

Ditegaskan Askolani, Kamis 21 Agustus 2014, pertemuan dengan Freeport telah dilakukan pada triwulan pertama 2014. Konsolidasi dengan Kementerian BUMN mengenai hal ini juga telah dilakukan.

"Presiden Freeport sudah sampaikan bahwa mereka masih terhalang posisi ekspor. Kalau ekspor sudah dilaksanakan lagi, mereka janji akan membayarkan dividen," ujar Askolani, saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta.

Menurut dia, Freeport beralasan sedang mengalami masalah keuangan di awal tahun ini. Khususnya, karena penghentian ekspor akibat pemberlakuan undang-undang pelarangan ekspor mineral mentah. Hal itu, yang menyebabkan setoran dividennya tidak penuh pada tahun ini.

"Kan, angka Rp1,5 triliun, tetapi itu proyeksi. Kemudian, cashflow dia (Freeport) berubah, setelah ada hambatan ekspor. Jadi, kami harus paham itu," tambahnya.

Namun, dia memastikan akan menagih janji pembayaran dividen tersebut. Apalagi, saat ini, aturan ekspor mineral konsentrat dengan tarif rendah sudah dikeluarkan bagi perusahaan yang berkomitmen membangun smelter.

"Jadi, pokoknya setoran untuk tahun ini. Apakah dia mau anggap untuk posisi 2014, atau 2013, kami ikutin saja janjinya," ungkapnya. (art)

Polisi Mandek Proses Kasus Pemerasan SYL, di Mana Firli Bahuri Sekarang?
YouTuber Daud Kim (Jay Kim)

Buntut Kasus Pembangunan Masjid oleh Daud Kim, Federasi Muslim Korea Ingatkan Hal Ini

Daud Kim telah membeli tanah di daerah Incehon Korea Selatan untuk dibangun sebuah masjid. Namun sayangnya, tindakan Daud Kim banyak ditentang umat muslim Korea Selatan

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024