Pengamat: Jangan Sampai BUMN Sulit Dapat Pemimpin Profesional

Said Didu
Sumber :
  • antara-photo

VIVAnews - Dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan mendapat pergantian direktur utama pada tahun ini. Kalangan pengamat menilai ini merupakan sinyal bahaya bagi pemerintah bahwa para profesional bisa sulit masuk ke jajaran BUMN.

"Saya berharap mundurnya bukan puncak gunung es atas ketidaknyamanan direksi yang profesional bekerja di BUMN," ujar pengamat BUMN, Said Didu, di Jakarta, Jumat 22 Agustus 2014.

Kalau hal itu terjadi, ia melanjutkan, BUMN akan kesulitan mencari para profesional untuk memimpin BUMN. "Mundurnya Karen (Karen Agustiawan, Dirut PT Pertamina) menjadi sinyal bahwa orang profesional sekuat dia pun ternyata tidak kuat," kata dia.

Ia menambahkan, ini bisa menjadi sinyal bahaya kepada BUMN jika pemerintah tak bisa menyelesaikan dua masalah. Pertama, ketidaktegasan pemerintah dalam memposisikan BUMN.

"Kedua, BUMN selalu dijadikan bemper oleh pemerintah yang menghadapi persoalan yang seharusnya menyelesaikan dan risikonya ditanggung BUMN," kata Said. (art)

Hubungan Tak Baik, Ruben Onsu dan Jordi Onsu Sudah Setahun Tak Berkomunikasi
Zeekr 009 Grand

MPV Semewah Alphard Ini Bisa Melesat Sekencang Mobil Sport

Mobil MPV ini bukan sembarang minivan, melainkan sebuah istana mini yang memadukan kemewahan, performa, dan teknologi canggih. Bagian belakang kabin dipisahkan dari depan

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024