Pemerintah Akan Bangun Trem di Surabaya

Kota Surabaya
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya, pada tahun depan rencananya akan mulai membagun jalur moda angkutan massal Mass Rapid Transit (MRT). Dalam Proyek tersebut, moda angkutan yang dipilih yaitu, kereta rel khusus di dalam kota, atau Trem untuk jalur utara ke selatan.

Deputi Sarana dan Preasarana, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Dedy S. Priatna, mengungkapkan pembangunan tahap awal pada tahun depan akan dimulai dengan pembangunan jalur Trem. Dana yang dibutuhkan yaitu sebesar Rp2,5 triliun.

"Surabaya itu rencananya buat dari utara ke selatan trem, dari barat ke timur monorel. Kalau monorel itu akan butuh kira-kira Rp10 triliun, itu belakangan," ujarnya.

Guna mendukung proyek tersebut, dalam anggaran 2015 yang saat ini sedang dibahas oleh DPR, pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp200 miliar. Anggaran tersebut, diperuntukkan sebagai anggaran awal proyek yang nantinya akan ditawarkan ke pihak swasta.

"Jadi, kalau disepakati DPR, Januari sudah mulai tender dan tahun depan itu sudah mulai dibangun," katanya.

Dia memaparkan, Trem yang akan dibangun nantinya terbentang dari wilayah utara di Pelabuhan Tanjung Perak hingga selatan di daerah Wonokromo. Sebanyak 27 stasiun akan dilewati moda transportasi itu.

Menggabungkan Teknologi dan Kecantikan, Era Baru Perawatan Kulit dengan AI

Sementara itu, monorel akan membentang dari wilayah Lidah Kulon hingga Keputih Depo, melewati sebanyak 25 stasiun dalam sekali perjalanan.

Dalam kesempatan berbeda, Direktur Tranportasi Bappenas, Bambang Prihartono menambahkan, pra studi kelayakan pembangunan proyek itu tengah dirumuskan pemerintah saat ini. Rencananya, bulan depan sudah bisa diselesaikan guna mendukung pembangunannya tahun depan.

Lebih lanjut, dia mengatakan, dukungan dari pemerintah daerah setempat sangat besar dalam mewujudkan proyek ini. Sehingga, diharapkan pada semester pertama tahun depan dapat mulai dibangun. "Memang bu Risma (Walikota Surabaya) telah mintanya cepat-cepat," katanya. (asp)

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Shin Tae-yong Dapat Kabar Baik dari Erick Thohir soal Perpanjangan Kontrak

Pelatih TImnas Indonesia, Shin Tae-yong selangkah lagi akan mendapatkan perpanjangan kontrak dari PSSI. Erick Thohir memastikan jika hal itu dapat dicapai.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024