Anak Perlu Diajarkan Keahlian Kelola Uang Sejak Usia Dini

Ilustrasi anak menabung
Sumber :
  • iStock
VIVAnews 
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Anak­-anak Anda pasti sudah mulai bersekolah, setelah menikmati libur panjang. Mereka kembali mempelajari matematika, bahasa, dan berbagai ilmu lainnya yang diajarkan oleh guru mereka.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Sebagai orangtua, Anda juga bertanggung jawab untuk mengajari mereka bermacam­-macam pengetahuan yang akan membantunya, saat mereka dewasa. Salah satu hal yang bisa ajarkan adalah
Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos
money skills, atau ilmu menggunakan uang dengan bijaksana.


Pengetahuan ini biasanya luput dari mata pelajaran, meskipun sangat penting. Dengan pengetahuan ini, anak Anda tidak mengalami kesulitan keuangan ketika dia sudah dewasa. Karena itu, ayo ajarkan anak Anda dasar­-dasar
money skills
sejak dini, agar dia terhindar dari masalah keuangan saat sudah hidup mandiri:


1. Ayo menabung

Anda harus mulai mengajarkan anak Anda untuk menabung sebagian dari uang jajannya. Dia bisa menabung antara 20 persen hingga 30 persen dari uang jajan yang diberikan. Jika anak Anda sudah memiliki rekening, ajak anak Anda ke bank untuk menabung uang tersebut. Ini akan membiasakan dia untuk mengunjungi bank untuk menabung uang.


2. Ingin dan perlu

Ajarkan anak Anda perbedaan antara "ingin" dan "perlu". Arahkan anak Anda untuk membeli sesuatu yang berguna, seperti menu makan siang yang sehat. Jika anak Anda membeli mainan dengan uang jajannya, Anda bisa memberitahu dia bahwa uangnya lebih baik disimpan hingga diperlukan untuk membeli sesuatu yang bermanfaat.


3. Paham anggaran

Anda juga bisa mengajarkan anak Anda bagaimana menganggarkan uangnya. Anda bisa membantu anak Anda membagi uang jajan mingguan ke dalam hari, dan memecah uang jajan harian antara pos­-pos berbeda, seperti transportasi dan makan. Lalu, ajarkan anak Anda untuk disiplin mentaati anggaran ini.


4. Uang jajan ekstra

Anda bisa memberikan anak Anda uang jajan tambahan, apabila dia membantu melakukan pekerjaan rumah, seperti membersihkan kamarnya, atau mendapat nilai baik di sekolah. Ini akan mengajarkan dia untuk berusaha untuk mendapatkan apa yang dia mau.


5. Tujuan keuangan

Jika anak Anda ingin sesuatu yang agak mahal, seperti botol minum baru, Anda bisa mengajarkan anak Anda untuk menggunakan itu sebagai tujuan keuangan. Anak Anda harus mencari cara baik ­ menabung, atau melakukan pekerjaan rumah untuk mendapatkan uang jajan ekstra ­ untuk mencapai tujuannya. Ini akan mengajarkan anak Anda pentingnya membuat rencana jangka panjang.


Dengan kebiasaan keuangan yang dibangun sejak dini, anak Anda bisa terhindar dari masalah keuangan yang melilit banyak orang dewasa. Selamat mencoba! (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya