Tak Lagi Dibatasi, Kuota BBM Bersubsidi Bisa Jebol 1,35 Juta KL

Premium Habis di SPBU Depok
Sumber :
  • VIVAnews/Zahrul Darmawan (Depok)

VIVAnews - PT Pertamina telah mencabut pengkitiran atau penjatahan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Melalui kebijakan itu, perseroan memperkirakan kuota BBM bersubsidi sebanyak 46 juta kiloliter akan jebol.

"Secara garis besar akan ada over 1,35 juta KL BBM bersubsidi," kata Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina, Hanung Budya, dalam konferensi pers di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Rabu 27 Agustus 2014.

Hanung memperkirakan, kebutuhan harian premium akan habis 20 Desember 2014 dan solar pada 5-6 Desember 2014. Itu pun terjadi, kalau tidak ada langkah apa pun yang dilakukan, setelah pengkitiran BBM bersubsidi dicabut.

"Sampai hari ini, kalau kuota tidak ditambah dan Pertamina do nothing, hitungan kami, premium akan habis 20 Desember dan solar bersubsidi habis 5-6 Desember," kata dia.

Seperti diketahui, jatah BBM bersubsidi dalam APBN Perubahan 2014 dipangkas 2 juta KL, dari 48 juta KL menjadi 46 juta KL. Untuk menjaga kuota 46 juta KL cukup hingga akhir tahun, Pertamina memotong jatah premium 5 persen dan solar 10-15 persen.

Orang Tua Pratama Arhan Langsung Sholat Dhuha dan Doakan Indonesia ke Final

Aturan ini berlaku dari 18-25 Agustus 2014. Tetapi, Pertamina telah menarik aturan tersebut. (art)

Ungkap kasus produksi narkotika tembakau sintetis di Tangsel

Produksi Tembakau Sintetis, Remaja di Tangerang Ditangkap Polisi

Petugas menangkap remaja tersebut saat melakukan patroli pengamanan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024