OJK Dorong Pembiayaan Industri Kreatif

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Muliaman D Hadad.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
PKS Bakal Sambangi Markas PKB Malam Ini, Bahas Apa?
- Industri kreatif mengeluhkan sulitnya pembiayaan perbankan saat ini. Masalah ini akan menjadi segera ditindaklanjuti oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK

Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hadad, Kamis 28 Agustus 2014, menyatakan segera mengumpulkan pelaku usaha di sektor perbankan untuk mengidentifikasi area-area industri kreatif yang bisa memenuhi syarat untuk mendapatkan pembiayaan.
Indonesia Jadi Penghasil Sugar Daddy Terbanyak ke-2 di Asia Tenggara


"Kami beri pengetahuan pada bank bahwa itu potensi yang bisa dibiayai, kami akan kumpulkan bank kemudian identiifikasi area-area kreatif industri," ujar Muliaman di sela-sela acara Indonesia Banking Expo (IBEX),


Sementara itu, untuk industri kreatif yang membutuhkan syarat khusus untuk mendapatkan pembiayaan akan dirumuskan bersama. Sehingga, diharapkanĀ  perkembangannya tidak terhambat akses keuangan di masa depan.


"Kita perlu sosialisasi bagaimana menghitungnya," kata Muliaman.


Sebelumnya, Menteri Pariwisatan dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, mengeluhkan minimnya akses pembiayaan industri kreatif di Indonesia saat ini. Ia mencontohkan, untuk industri perfilman misalnya, saat ini baru satu bank yang memberikan pembiayaan.


Padahal, potensi tumbuhnya industri perfilman sangat besar dimasa depan. Tapi, hanya karena tidak terlihat secara nyata potensinya, akses pembiayaannya susah didapatkan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya