RI-Singapura Segera Teken Batas Maritim

Presiden SBY dan PM Singapura Lee Hsien Loong
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf
VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan berkunjung ke Singapura besok, Selasa 2 September 2014. Dalam kunjungan itu, SBY akan menyaksikan penandatanganan perjanjian Delimitation of the Territorial Seas in the Eastern Part of the Strait of Singapore.
Perjuangan Devano Danendra Bintangi Film Malam Pencabut Nyawa, Sampai Lakukan Hal Ini

Menurut Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah, momentum penandatanganan perjanjian delimitasi batas maritim diharapkan akan semakin meningkatkan hubungan bilateral kedua negara.
Lyodra Bahagia dan Tak Menyangka Isi Soundtrack Film Ipar Adalah Maut

"Selain itu, bentuk-bentuk penyelesaian delimitasi batas maritim melalui perundingan, kiranya dapat menjadi contoh bagi negara-negara lain di kawasan yang masih dihadapkan pada tantangan serupa," kata Faiz dalam siaran persnya, Senin 1 September 2014.
Erick Thohir Beri Kabar Baik soal Nathan Tjoe-a-On, Bisa Bela Timnas Indonesia Vs Korea Selatan

Selain itu, SBY juga akan melakukan pertemuan empat mata dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, yang dilanjutkan dengan pertemuan empat mata dengan Presiden Tony Tan Keng Yam.

Pertemuan-pertemuan tersebut, kata Faiz, membahas perkembangan terkini hubungan bilateral kedua negara (take stock).

"Sebagaimana dimaklumi, dewasa ini kerja sama bilateral semakin terkonsolidasi melalui pembentukan tujuh kelompok kerja yang meliputi, antara lain: bidang investasi, agribisnis, turisme, ketenagakerjaan, dan pengembangan Batam, Bintan, Karimun, dan zone ekonomi lainnya," kata dia.

Menurut dia, dekatan hubungan Indonesia dengan Singapura adalah satu keniscayaan, terlebih lagi sebagai dua negara yang bertetangga. Sebab itu, dalam sepuluh tahun terakhir, pemerintahan Presiden Yudhoyono semakin mengonsolidasi kerja sama kedua negara, utamanya di bidang-bidang yang menjadi prioritas bersama.

Selain itu, Presiden Yudhoyono akan menerima gelar Order of Temasek First Class dari Pemerintah Singapura. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya