BPS: Inflasi Agustus 0,47 Persen

Suryamin, Plt Kepala Badan Pusat Statistik
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVAnews - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin, Senin 1 September 22014, menyatakan bahwa inflasi bulan Agustus sebesar 0,47 persen.

Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat

"Inflasi tertinggi di bidang pendidikan sebanyak 1,58 persen," ujar suryamin di Jakarta.

Ini, kata dia, karena berlangsungnya tahun ajaran baru. Penyebab lainnya, kenaikan tarif dasar listrik yang diberlakukan berdampak pada inflasi di sektor perumahan, air, listrik, dan gas sebesar 0,73 persen.

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir
BPS mencatat, untuk inflasi tahun kalender di bulan Agustus 2014 mencapai 3,42 persen. Angka ini, lebih rendah jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 3,99 persen. Ada pun inflasi komponen inti Agustus sebesar 0,46 persen, serta inflasi inti tahun ke tahun mencapai 4,47 persen.

"Dengan adanya penurunan inflasi ini menunjukkan bahwa penekanan inflasi di daerah-daerah cukup baik. Saya berharap, semoga pemerintah dapat melanjutkan ini," kata Suryamin.

Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit

Suryamin juga mengatakan bahwa di 66 kota indeks harga konsumen (IHK) mengalami kenaikan (inflasi) danĀ 16 kota mengalami penurunan (deflasi). Inflasi tertinggi terjadi di kota Tanjung Pandan sebesar 1,98 persen.

"Untuk inflasi terendah terjadi di Banjarmasin sebesar 0,02 persen, sedangkan deflasi tertinggi di Ternate sebesar 1, 02 persen" kata Suryamin. (asp)

Pasukan ISIS di Suriah (Doc: The Cradle)

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Setidaknya 20 pejuang dari Liwa al-Quds, sebuah kelompok bersenjata Palestina yang mendukung tentara Suriah, tewas ketika bus mereka disergap oleh militan tak dikenal.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024