Rusak Terus, Tol Cipularang Berstatus Default

Jalan tol Merak retak
Sumber :
  • VIVAnews/Avifah
VIVAnews
Terpopuler: Desta Puji Natasha Rizky sampai Tetangga Ayu Ting Ting Buka Suara
- Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menjatuhkan status cidera janji (
default
'Pemimpin Rambut Putih' Sowan ke Jokowi di Istana Negara Pagi Ini
) kepada Jalan Tol Cipularang. Hal itu, disebabkan kondisi jalan tol di bawah pengelolaan PT Jasa Marga Tbk ini terus rusak.
Hari Kedua Pasca-Libur Lebaran, Kualitas Udara di Jakarta Terburuk Kelima di Dunia

Kepala BPJT Achmad Gani Ghazaly, mengungkapkan cidera janji ini sudah dijatuhkan semenjak Mei 2014. "Cipularang itu banyak rusaknya, jalannya amblas, dan pecah-pecah," katanya kepada
VIVAnews
, Selasa 2 September 2014.


Gani menuturkan, Jasa Marga telah meminta waktu untuk menyelesaikan kerusakan yang terjadi di jalan tol yang mulai beroperasi pada 2005 ini. Saat ini, menurut Gani, tim dari BPJT pun sedang mencek di lapangan.


Sebab, lanjutnya, laporan mengenai perbaikan ini harus sampai kepadanya, bulan ini. Gani mengklaim, kerusakan yang terjadi terus menerus di Jalan Tol Cipularang terjadi karena ada pembiaran dari Jasa Marga.


Dia mengatakan, jalan-jalan beton yang retak dibiarkan oleh perseroan, sehingga membuat air meresap ke bawah pondasi jalan. Air kemudian menggerogoti lapisan tanah di bawah jalan.


"Lalu lapisan tanah yang lembek itu ditimpa oleh beban berat, makanya banyak amblasan," ujarnya.


Status
default
sendiri, ungkapnya, jika tidak ditanggapi oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) selama 90 hari akan dinaikkan statusnya menjadi
default
operasi.


Dalam status demikian, jalan tol akan ditutup atau bisa juga dibuka, namun tanpa mengambil pungutan dari pengguna jalan. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya