Ini Cara Mudah Membuat Sabun Colek

Ibu-ibu PKK
Sumber :
  • Daru Waskita/VIVAnews
VIVAnews
Kenali Manfaat dan Pentingnya Imunisasi Lengkap untuk Anak
- Sabun colek merupakan benda yang akrab dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Demikian mudahnya mendapatkan sabun colek di warung, sehingga masyarakat tidak sadar telah membelanjakan uang untuk membelinya. Padahal, sabun colek dapat dibuat sendiri sebagai industri rumah tangga.

Viral Dugaan Pengakuan Mahasiswa Filsafat UGM Lakukan Pelecehan Seksual

Melihat fenomena itu, sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang sedang menempuh kuliah kerja nyata, atau KKN di Pedukuhan Karangtengah, Desa Dadapayu, Gunungkidul, berinisiatif melatih pembuatan sabun colek pada para ibu-ibu PKK setempat.
10 Kota Paling Berbahaya di Dunia Bagi Wisatawan, Mayoritas Benua Merah


Menurut salah satu anggota kelompok ND46 KKN UNY Karangtengah, Arfianing Ratri, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas dan memberikan motivasi untuk mengembangkan usaha rumah tangga.


Selain itu, juga memperkenalkan pada warga Karangtengah mengenai bahan-bahan kimia yang mungkin bagi sebagian orang berbahaya, tetapi ternyata dapat juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan sabun colek.


"Warga sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini. Apalagi, ini merupakan yang pertama kali di Karangtengah," kata Arfianing Ratri, Selasa 2 Agustus 2014.


Prose pembuatan sabun colek dimulai dari tahap persiapan, yakni dengan mensurvei bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan sabun colek di beberapa toko industri kimia.


Paket pembuatan sabun colek biasanya telah dikemas dan setelah ditimbang komposisinya, apabila dibuat sabun colek akan menghasilkan satu kilogram sabun colek.


Bahan tersebut adalah soda api untuk menghilangkan sifat asam dari DBS (zat aktif yang menghilangkan noda), SAS untuk memaksimalkan kerja DBS, air sebagai pelarut, SPTT untuk mempercepat proses penguraian limbah sabun colek, pemutih sebagai pemutih agar lebih bersih, water glass memberikan kesan berkilau, TRO sebagai bahan pengikat kotoran, talk sebagai bahan pengisi, CMC sebagai bahan pengental, serta pewarna dan pewangi.


"Sedangkan untuk alat-alat yang digunakan adalah ember, pengaduk, kemasan dan gelas," jelasnya.


Cara membuatnya yaitu melarutkan soda api dalam satu gelas air, selanjutnya mencampurkan secara berurutan bahan DBS, SPTT, CMC, SAS, TRO, water glass, talk selanjutnya campur larutan soda api, pewarna, pemutih, dan pewangi serta diaduk hingga merata. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya