Ini Bandara Termahal di Dunia

Bandara Chek Lap Kok, Hong Kong
Sumber :
  • Bornrich

VIVAnews - Sebagian pihak berpendapat, bandar udara (bandara) menjadi wajah suatu negara. Kondisi bandara akan menjadi pertimbangan pertama untuk menilai bagaimana status dan kondisi suatu bangsa. Maka tak heran, berbagai negara seperti berlomba melengkapi bandaranya dengan berbagai fasilitas modern dan canggih.

Seperti dikutip dari laman Bornrich, Kamis 4 September 2014, menurut sebuah laporan tag, Bandara International Hong Kong, yang terletak di Pulau Chek Lap Kok di distrik Hong Kong, dinobatkan sebagai bandara termahal di dunia.

Kabarnya, bandara ini berhasil masuk ke Guinness Book of World Records berdasarkan biaya yang dikeluarkan selama konstruksi pembangunan mencapai US$20 miliar.

Bandara raksasa itu telah dibangun di sebuah pulau buatan yang luas dengan meratakan beberapa pulau. Pembangunan bandara pun membutuhkan waktu hingga enam tahun.

Bandara Chek Lap Kok menggantikan Kai Tak Airport yang sebelumnya menjadi bandara metropolitan utama di Asia. Kai Tak Airport telah menutup kegiatan operasionalnya pada beberapa tahun yang lalu dan dipindahkan ke Bandara Chek Lap Kok.

Bandara Chek Lap Kok mulai beroperasi pada 1998, kemudian dengan cepat menaiki grafik global dan saat ini dianggap sebagai salah satu terminal penerbangan dengan penanganan kargo tersibuk di dunia.

Bandara ini juga menjadi salah satu bandara tersibuk di dunia yang menangani jutaan penumpang setiap tahun. Laporan menunjukkan bahwa lebih dari 90 maskapai penerbangan global terbang ke 150 tujuan di seluruh dunia dari Bandara Chek Lap Kok.

Bandara ini juga memberikan kontribusi yang penting bagi perekonomian Hong Kong dan dilaporkan mempekerjakan lebih dari 60.000 karyawan.

Bandara Chek Lap Kok memiliki 66 pintu masuk. Saat ini, di Terminal 1 bandara itu digolongkan sebagai bangunan terminal bandara terbesar ketiga di dunia dan berhasil mengalahkan terminal di Bandara Dubai dan Beijing. (asp)

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

 

Baca juga:



Zodiak Leo

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Ramalan zodiak Jumat, 26 April 2024. Taurus, waspadai rekan kerja. Leo mendapat tekanan mental. Urusan percintaan Libra bermasalah. Sagitarius mendapat kejutan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024