Catat Tiga Hal Ini untuk KTA yang Terjangkau

Ilustrasi kartu kredit
Sumber :
  • loanmixx.com
VIVAnews
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Semua yang mengajukan kredit tanpa agunan (KTA), pasti ingin mendapat tawaran dan cicilan yang paling terjangkau.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Untuk mendapatkan KTA yang terjangkau, Anda harus memperhatikan besaran komponen-komponen KTA, yaitu bunga pinjaman dan biaya provisi.
Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos


1. Bunga cicilan rendah


Tingkat bunga adalah komponen yang paling berpengaruh pada besarnya cicilan bulanan KTA. Bank di Indonesia mengenakan bunga tetap, atau flat untuk pinjaman KTA, yang berarti bahwa nilai bunga selalu dihitung berdasarkan pinjaman awal. Karena itu, nilai bunga tidak akan turun walau Anda sudah melunasi separuh utang Anda.


2. Biaya provisi


Biaya provisi adalah biaya tambahan terkait pinjaman, termasuk biaya asuransi, keterlambatan dan pelunasan dipercepat. Carilah KTA dengan biaya-biaya ringan untuk menjaga-jaga, ketika Anda tidak sengaja telat membayar cicilan.


Selain itu, Anda harus catat bahwa Anda bisa terkena biaya atas lunasan dipercepat, jika Anda membayar cicilan sebelum jatuh tempo. Untuk menghindari biaya ini, Anda lebih baik membayar sesuai jadwal yang sudah ditentukan.


Setelah mengetahui tingkat bunga dan biaya provisi, maka Anda harus berhitung kasar cicilan bulanan atas KTA yang Anda ingin ambil. Jika cicilan bulanan ini masih di bawah 30 persen dari penghasilan Anda, Anda masih di dalam zona aman.


Selain bunga dan biaya provisi, ada hal ketiga yang bisa membantu meringankan KTA.


3. Tenor singkat


Ambilah tenor sesingkat yang Anda mampu. Tenor yang lama memang berarti bahwa pinjaman pokok Anda lebih rendah, karena dibagi ke banyak bulan.


Namun, tenor yang lama berarti bahwa Anda lebih sering membayar bunga dan biaya provisi. Pada akhirnya, tenor yang lebih lama bisa lebih mahal, karena biaya dan cicilan yang berkali-kali ini.


Jadi, ambilah tenor yang singkat agar Anda bisa berhemat di jangka panjang.


Cermat memilih KTA sejak awal akan membantu Anda ketika membayar kembali utang Anda untuk jangka panjang. Karena itu, jangan terburu-buru ketika membuat pilihan supaya Anda bisa mengumpulkan semua informasi yang Anda butuhkan untuk mengambil keputusan yang tepat. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya