Ini Penting Diperhatikan Sebelum Ajukan KTA

Kartu kredit
Sumber :
  • AAP/ Alan Porritt
VIVAnews
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Proses pengajuan kredit tanpa agunan (KTA) relatif lebih mudah dibanding proses pengajuan pinjaman lainnya. Karena, Anda tidak harus menyerahkan aset apa pun sebagai barang jaminan.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Proses pengajuan KTA juga kurang lebih sama dengan bank mana pun. Jadi, semakin baik menyiapkan semua hal yang Anda perlukan untuk memenuhi syarat, semakin besar pula peluang untuk mendapatkan suntikan dana yang Anda sedang butuhkan.
Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos


Ini yang bisa Anda lakukan untuk memperlancar proses pengajuan KTA:


1. Usahakan dengan bank di mana Anda sudah menjadi nasabah


Jika memungkinkan, pilihlah bank di mana Anda sudah membuka rekening dan mendapatkan kartu kredit. Mengambil KTA di bank di mana Anda sudah menjadi nasabah atau pengguna kartu kredit akan memudahkan proses verifikasi keadaan keuangan Anda oleh bank.


Selain itu, salah satu prasyarat untuk mengajukan KTA adalah riwayat kredit yang baik, yang diperlihatkan dari cara Anda membayar kartu kredit. Jadi, mengajukan KTA di bank yang menjadi penyedia kartu kredit akan mempermudah usaha bank ketika memeriksa riwayat kredit Anda, dan jika riwayat kredit baik, maka bank akan semakin mudah menyetujui pengajuan KTA Anda.


2. Siapkan semua dokumen sebelum melangkah ke bank


Dokumen standar yang diminta oleh bank saat pengajuan KTA adalah KTP, slip gaji bagi pegawai atau Surat Izin Praktik bagi profesional dan SIUP bagi pengusaha, fotokopi rekening koran atau tabungan dan fotokopi tagihan kartu kredit.


Jangan lupa mengecek situs online bank untuk mengecek apakah ada form online yang Anda bisa isi, atau dokumen di luar yang sudah disebutkan yang harus dibaca.


3. Persiapkan diri untuk verifikasi dan survei


Demi memverifikasi informasi yang Anda cantumkan ketika mengajukan KTA, bank akan melakukan survei dengan menelepon atau mengunjungi tempat tinggal atau tempat kerja Anda.


Sebaiknya mengabari mereka yang tinggal bersama Anda, atau yang bekerja dengan Anda, bahwa ada kemungkinan besar bahwa pihak bank akan datang atau menelepon untuk menanyakan beberapa hal tentang diri Anda.


Jika lancar menjalani semua proses ini, kemungkinan bahwa permohonan KTA Anda disetujui jauh lebih besar. Karena itu, persiapkanlah dengan matang langkah-langkah Anda ketika mengajukan diri untuk KTA. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya