Lifting Minyak Diusulkan Naik Jadi 900 Ribu Barel per Hari

Ilustrasi pengeboran minyak
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Pemerintah dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan keputusan rapat kerja (raker) dengan Komisi VII DPR untuk asumsi dasar migas dan subsidi listrik anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2015.

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya

Salah satunya, adalah menaikkan lifting minyak menjadi 900 ribu barel per hari (bph).

"Minyak bumi ditetapkan sebesar 900 ribu bph," kata Ketua Komisi VII DPR, Milton Pakpahan, dalam rapat di DPR, Jakarta, Senin 15 September 2014.

Sementara itu, lifting gas bumi tak berubah, yaitu 1,248 juta barrel oil equivalent per day (boepd). Sehingga, angka lifting migasnya berubah menjadi 2,148 juta boepd.

Milton melanjutkan, kuota bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang diusulkan pemerintah, 48 juta kiloliter, diturunkan menjadi 46-47 juta kiloliter.

Subsidi BBM pun disepakati sebesar Rp1.500 per liter untuk biodiesel dan Rp2.000 per liter untuk bioetanol.

"Angka subsidi LGV (liquid gas vehicle) sama dengan usulan pemerintah, yaitu Rp1.500 per liter. Alpha BBM bersubsidi pun sama dengan formula APBN 2013," kata dia.

Namun, subsidi listrik belum disepakati. Milton menyebut, pembahasan subsidi listrik akan dilakukan secara terpisah. "Subsidi listrik belum disepakati dan dibahas terpisah," kata dia.

Sementara itu, Menteri ad interim ESDM, Chairul Tanjung, menyambut baik hasil keputusan ini.

"Terima kasih, saya mengapresiasi seluruh asumsi makro yang telah ditetapkan. Dengan begini, Banggar (Badan Anggaran) bisa segera rapat untuk menyelesaikan anggaran APBN 2015. Kami mohon, hari ini bisa dituntaskan APBN 2015," kata dia. (asp)

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui
Ammar Zoni

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Ammar Zoni memahami bahwa bulan Ramadhan adalah saat yang istimewa. Ammar mengaku akan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024