Bank Mutiara Dibeli Perusahan Jepang, BI Tak Persoalkan Harga

Menteri Keuangan Agus Martowardojo memenuhi panggilan KPK
Sumber :
  • ANTARA/Wahyu Putro A

VIVAnews - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, menyambut baik penetapan perusahaan asal Jepang, J Trust Co Ltd, menjadi pemenang tender penjualan PT Bank Mutiara Tbk, yang dilakukan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Menurut Agus, penyelesaian proses penjualan Bank Mutiara kini tinggal selangkah lagi. Proses due diligence (uji tuntas) dan administrasi terkait akuisisi saham Bank Mutiara ini sedang dilakukan oleh LPS berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Jadi, nanti ketika LPS menyelesaikan proses akan manyampaikan kepada OJK, untuk memperoleh penegasan dari OJK, apakah investornya lulus atau tidak. Maka struktur dari jual belinya itu dapat diterima oleh aturan dan regulasi yang berlaku," ujar Agus di Jakarta, Senin 15 September 2014.

Hingga saat ini, harga jual yang disepakati belum diumumkan oleh LPS. Meski demikian, Agus mengatakan, soal harga tidak masalah asalkan proses penjualannya dilakukan sesuai aturan yang berlaku.

"Kalau harga itu di bawah yang diharapkan, itu sesuatu yang mungkin saja, dan itu tidak membuat menjadi tidak sah," tambahnya.

Sebagai infomasi, eks Bank Century tersebut saat ini ditaksir memiliki total aset sebesar Rp13 triliun. Pemerintah telah menyuntikan anggaran hampir Rp8 triliun untuk meyehatkan bank tersebut hingga saat ini

Suntikan dana pertama dilakukan pada 2008 sebesar Rp6,7 triliun dan yang kedua pada akhir tahun lalu sebesar Rp1,25 triliun. Bank yang memiliki 62 kantor di seluruh Indonesia itu masuk dalam pengawasan LPS sejak 21 November 2008.

Diketahui, dengan pembelian ini, perusahaan itu telah kali keduanya membeli bank di Indonesia. Setelah sebelumnya membeli 10 persen saham Bank Mayapada Internasional TbK.

Seperti diberitakan Reuters, Senin 15 September 2014, J Trust Co Ltd menyatakan minat membeli PT Bank Mutiara Tbk. Tujuan perusahaan keuangan ini memiliki Bank Mutiara adalah memanfaatkan peluang meingkatnya permintaan layanan untuk pembiayaan ritel di Indonesia sebagai kawasan perekonomian terbesar di Asia Tenggara.

"Perusahaan mengajukan surat minat untuk mengakuisisi saham Bank Mutiara, dan hari ini LPS mengungkapkan bahwa perusahaan terpilih sebagai pemenang," ujar J Trust dalam sebuah pernyataan tertulis, seperti dikutip Reuters.

Bank Mutiara sebelumnya dikenal sebagai Bank Century, bank swasta yang diselamatkan oleh pemerintah Indonesia selama krisis keuangan global pada tahun 2008 dan sahamnya telah diambil alih oleh LPS.

Bank Mutiara merestrukturisasi bisnisnya di bawah pengawasan LPS, dan lembaga negara itu memulai proses penjualan bank ini melalui penawaran umum pada April 2014. Penjualan tersebut membatasi kepemilikan asing terhadap saham Mutiara hanya sebesar 40 persen, sesuai ketentuan yang berlaku di Indonesia. (asp)

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Barus Kasus Korupsi Timah
Serial Secret Ingredient

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Sebagai infomasi, Nicholas Saputra berperan sebagai Chef Arif yang berada dalam pusaran konflik antara Ha-Joon (Sang Heon Lee) dan Maya (Julia Barretto).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024