Apindo Minta Ada 3 Juta Lapangan Kerja Baru per Tahun

Ilustrasi pekerja kantor
Sumber :
  • iStockphoto
VIVAnews
Indonesia Jadi Penghasil Sugar Daddy Terbanyak ke-2 di Asia Tenggara
- Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) akan menyerahkan
road map
BI Bolsters Rupiah Stability with Interest Rate Hike to 6.25 Percent
perekonomian kepada Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Terpilih Jusuf Kalla (JK).
Ford Fiesta Nekat Tembus Jalur Bromo, Berujung Tersangkut di Rawa

Adapun, road map
tersebut akan fokus kepada penciptaan tenaga kerja. Pada Selasa 16 September 2014, Ketua Umum Apindo, Sofjan Wanandi, mengatakan bahwa road map tersebut telah dirumuskan selama enam bulan, yaitu sejak Maret hingga Juli 2014.


Dalam perumusannya, beberapa aspirasi ditampung. Pengusaha mendapatkan masukan dari pelaku usaha, akademisi, pemerintah, lembaga pembangunan internasional, Kamar Dagang Luar Negeri, dan Kedubes asing.


"
Road map
itu fokus bagaimana caranya membangun Indonesia dengan memberikan lapangan kerja tiga juta orang per tahun. Ini yang kami berikan dan (isinya) apa-apa saja yang dibutuhkan pemerintah," kata dia, dalam
press conference
"Launching Road Map Perekonomian Indonesia 2014-2019" di Permata Kuningan, Jakarta.


Penciptaan lapangan kerja selama 2014-2019, lanjut Sofjan, didasari pada perhitungan untuk menyerap 8,3 juta tambahan angkatan kerja selama periode 2014-2019, ditambah pengangguran tahun 2013 sebesar 7,2 juta, sehingga diperlukan lapangan kerja sejumlah 15,5 juta orang.


"Dengan demikian, diperlukan setidaknya penciptaan tiga juta lapangan kerja per tahun selama 2014-2019," kata dia.


Sofjan mengatakan, bahwa Indonesia masih punya tantangan dalam beberapa aspek global, seperti masih lemahnya pasar global dan melambatnya pertumbuhan negara-negara berkembang di Asia.


Selan itu, turunnya harga komoditas internasional dan berakhirnya era suku bunga rendah karena kebijakan The Federal Reserve.


Untuk itulah, ungkapnya, pengusaha menginginkan adanya pembangunan perekonomian Indonesia dengan mempekerjakan tiga juta orang per tahun.


"Kami membantu pemerintah dengan kondisi ekonomi dunia yang sulit ini. Kami berusaha agar perekonomian kita tumbuh 7 persen," kata dia.


Rencananya,
road map i
tu akan diserahkan pada Kamis 18 September 2014, dan akan dihadiri oleh seribu pengusaha, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya