Forum Ekonomi Dunia: Peringkat Daya Saing Indonesia Naik 4 Level

Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Forum Ekonomi Dunia, atau World Economic Forum (WEF) melalui portalnya http://www.weforum.org mempublikasikan ranking (peringkat) daya saing global (The Global Competitiveness Report/GCR) tahun 2014-2015.

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya

Seperti diberitakan Sekretariat Kabinet RI dalam laman webnya, Rabu 17 September 2014, WEF mempublikasikan posisi Indonesia menempati peringkat 34 dari 144 negara, atau naik empat tingkat dari posisi sebelumnya 38 (tahun 2013-2014), dan posisi ke-50 pada 2012-2013.

Menurut WEF, kenaikan ranking indeks daya saing Indonesia pada periode ini karena perbaikan di beberapa kriteria seperti infrastruktur dan konektifitas, kualitas tata kelola sektor swasta dan publik, efisiensi pemerintahan, dan pemberantasan korupsi.

Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto

WEF mengelompokkan Indonesia sebagai lima besar ekonomi ASEAN bersama Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam yang terus memperbaiki peringkat daya saing mereka sejak 2009.

The Global Competitiveness Report's didasarkan pada Global Competitiveness Index (GCI), yang diperkenalkan WEF pada 2004. Laporan ini mendefinisikan daya saing sebagai seperangkat institusi, kebijakan dan faktor-faktor yang menentukan tingkat produktivitas suatu negara.

Keren Banget, Sherina Main Teater Musikal Bareng Anak-Anak Sekolah

Skor GCI dihitung berdasarkan 12 kategori yakni institusi atau lembaga, infrastruktur, makroekonomi, kesehatan dan pendidikan dasar, pendidikan tinggi dan pelatihan, efisiensi pasar, efisiensi tenaga kerja, pengembangan pasar keuangan, kesiapan teknologi, ukuran pasar, kecanggihan bisnis, dan inovasi.

Dari ke-12 kategori itu, total skor yang diraih Indonesia adalah 4,57, mengungguli sejumlah negara di Eropa seperti Spanyol (35), Portugal (36), dan Italia (49); negara-negara Timur Tengah seperti Kuwait (40), Bahrain (44), atau Oman (46); juga negara-negara Asia seperti Filipina (52), Vietnam (68), dan India (71).

Adapun negara-negara Asia yang posisinya di atas Indonesia antara lain adalah Singapura (2), Jepang (6), Taiwan (14), Malaysia (20), Korsel (26), China (28), dan Thailand (31). (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya