4 Langkah Hemat Energi untuk Tekan Biaya

Berkebun termasuk hobi yang menyenangkan.
Sumber :
VIVAnews
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Menghemat penggunaan energi di rumah Anda akan membantu menurunkan biaya bulanan termasuk tagihan air dan listrik.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Menghemat energi pun tidak susah. Anda bahkan bisa melakukannya dengan benda-benda yang Anda sudah punya di rumah, atau membelinya di toko dengan harga terjangkau.
Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos


Pastinya, penghematan penggunaan energi juga bisa menjadi sumbangsih Anda untuk lingkungan yang lebih hijau. Jadi, tunggu apa lagi? Lakukan langkah-langkah berikut mulai hari ini:

1. Maksimalkan pergerakan udara di hari panas


Kurangi penggunaan pendingin ruangan saat hari yang panas dengan menggunakan kipas angin Anda dengan tepat. Aturlah supaya kipas angin meniup keluar jendela Anda untuk mengeluarkan udara panas.


Ketika ada angin yang berembus kuat ke dalam rumah Anda, aturlah supaya kipas angin bertiup searah angin. Tutuplah jendela atau pintu yang berdekatan supaya angin yang sudah keluar tidak masuk lagi.


2. Gunakan air hujan untuk pekarangan


Gunakan air hujan untuk menyiram kebun atau mencuci garasi. Cukup membeli tong plastik atau sampah besar yang Anda tempatkan di bawah pipa hujan di rumah. Anda bisa memasangkan keran di bagian bawah tong ini supaya mudah menancapkan selang. Pastikan tong yang Anda gunakan memiliki penutup untuk menghindari adanya jentik nyamuk.


Gantilah keran,
shower head
, dan kepala selang di rumah Anda dengan yang hemat air, karena pada jangka panjang, keran dan kepala selang yang hemat air akan membantu menurunkan penggunaan dan tagihan air rumah tangga.


Periksa keran dan pipa air secara rutin untuk memastikan bahwa tidak ada kebocoran di mana pun.


3. Hijaukan rumah dengan tanaman


Daripada membeli alat pembersih udara, atau
air purifier,
gunakan pembersih udara alami, yaitu tanaman. Tanaman tidak akan membutuhkan listrik dan bahkan, akan memberi kesejukan dan keindahan bagi rumah Anda.


Anda bahkan bisa menggunakan tanaman seperti bunga lavender sebagai obat nyamuk alami. Belilah bunga lavender dan tempatkan di bawah jendela Anda untuk mengusir nyamuk.


4. Cabut alat elektronik setelah baterai penuh


Cabut kabel setelah baterai handphone atau laptop Anda sudah penuh terisi. Jangan tinggalkan kabel di steker karena walaupun tidak dicolok ke handphone atau laptop Anda, listrik tetap mengalir di kabel ini.


Selain melakukan langkah-langkah ini sendiri, ajak pula anggota keluarga Anda lainnya untuk melakukan hal yang serupa agar dampaknya lebih besar terasa. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya