Dahlan: Tak Ada Lagi Aset Merpati yang Bisa Dijual

Demo Pegawai Merpati Nusantara Airlines
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, Kamis 18 September 2014, menyatakan sedang berusaha semaksimal mungkin dalam menyelesaikan masalah pembayaran gaji karyawan PT Merpati Nusantara Airlines.

Tampil di Saranghaeyo Indonesia 2024, Xiumin EXO Janjikan Penampilan Spesial

Ia bahkan mengaku bahwa mencari solusi atas masalah ini amat sulit dan sangat memeras otak. Karena, aset Merpati tak bisa dijual untuk keperluan membayar gaji karyawan.

"Tidak ada yang bisa dijual. Ternyata sudah dijaminkan untuk utang-utang yang dulu, sehingga surat-suratnya sudah di tangan pemberi pinjaman," ujar Dahlan di Jakarta.

Semula, Dahlan menilai anak usaha Merpati, Merpati Maintenance Facility (MMF) bisa menjadi titik cerah atas masalah keuangan induknya. Ternyata perkiraannya itu keliru.

"Dugaan kemarin, MMF masih bisa dijual, sehingga saya bisa berharap. Ternyata, itu sudah dijaminkan juga untuk utang yang lama," kata Dahlan.

Tak hanya itu, harapan Dahlan agar ada kuasi reorganisasi maskapai itu pun terpaksa pupus. Karena, opsi sudah ini tak diperbolehkan lagi sejak dua tahun lalu.

"Kenapa kami tahu? Balai Pustaka dulu punya masalah kecil Rp20 miliar dan saya minta untuk melakukan kuasi reorganisasi. Setelah diteliti dasar hukumnya, akhirnya tahun 2012 tidak boleh lagi ada kuasi reorganisasi," kata Dahlan.

Mencari solusi Merpati pun akhirnya terbentur dan menemui jalan buntu. Dahlan pun bimbang menyelamatkan maskapai malang yang telah menanggung beban utang hingga mencapai Rp15 triliun ini.

KPU Tetapkan Dua Caleg PDIP dari Dapil Jakarta 10 Melenggang ke DPRD DKI

"Kami minta pandangan masyarakat luas, dengan total tanggungan itu Merpati mau diapakan? Karena logikanya, uang Rp15 triliun itu bisa membuat tiga (perusahaan penerbangan serupa) Merpati," kata Dahlan.

Kini, hal yang masih menyita perhatian Dahlan adalah memikirkan bagaimana membayar uang pesangon karyawan Merpati. "Bayangan saya, MMF itu saya jual, tapi tidak bisa. Ditambah lagi tidak boleh melakukan kuasi reorganisasi. Itu aturan Menkeu, ada aturan pajaknya," kata Dahlan.

Terkait bagaimana membayar gaji karyawan kalau Merpati diputus pailit karena pengajuan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU), ia pun merasa tidak bisa menemukan solusi. Oleh karena itu, dalam waktu dekat Kementerian BUMN akan menggelar rapat pimpinan guna membahas masalah keuangan Merpati ini.

Kelebihan Pakai Essential Oil, Hadirkan Kekuatan Alam dalam Kehidupan Sehari-hari

"Belum bisa menemukan. Minggu depan masih rapim lagi," kata Dahlan. (art)

Menteri Keuangan Sri Mulyani rapat malam-malam bersama jajaran pejabat Kemenkeu

Finance Minister Held Meeting to Discuss Impact of Iran-Israel Conflict

Finance Minister Sri Mulyani Indrawati held a meeting with the officials in her ministry to discuss the economic and financial situation due to the heated geopolitical si

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024