Pendiri Alibaba Jadi Orang Terkaya se-China

Pendiri Alibaba, Jack Ma
Sumber :
  • http://studentpreneur.co
VIVAnews
Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout
- Perusahaan e-commerce
5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes
asal Tiongkok, Alibaba, telah menorehkan prestasi pencatatan saham perdana atau initial public offering
Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak
(IPO) terbesar sepanjang sejarah. Alhasil, kekayaan CEO Alibaba Jack Ma terdongkrak naik.

Dikuti dari
Forbes
, hasil IPO tersebut membuat keuangan pendiri perusahaan itu, Jack Ma, melonjak melebihi US$16 miliar atau sekitar Rp192 triliun. Kalau dihitung-hitung, ada dana segar US$800 juta dari penjualan saham dan dana itu bisa meningkat lebih dari US$1 miliar.


Ma pun menggeser posisi orang paling tajir di China, yaitu
founder search engine
Baidu, Robin Li. Tercatat Li memiliki kekayaan sebesar US$16,6 miliar.


Tak hanya Li, pemilik Tencent, Pony Ma, pun juga "terlangkahi" bos Alibaba tersebut. Diketahui, Pony Ma pun harta US$15,5 miliar.


Kekayaan Jack Ma pun menempatkan pria tersebut sebagai sepuluh orang paling tajir di sektor teknologi. Dia pun disandingkan dengan tokoh-tokoh seperti Bill Gates, Larry Ellison, Mark Zuckerberg, Larry Page, dan Sergey Brin.


Bukan uang

Alibaba melantai di bursa New York Street Exchange (NYSE) pada Jumat 19 September 2014. Perusahaan ini mendapatkan dana segar puluhan miliar dolar AS dari publik.


Lalu apa kata CEO Alibaba, Jack Ma?


Dikutip
Business Insider,
Ma mengatakan bahwa yang didapatkan dari publik, bukanlah dana segar. "Hari ini yang kami dapatkan bukanlah uang, tapi kepercayaan dari masyarakat," kata dia.


Ma meminta berulang-ulang kepada masyarakat untuk mempercayai transparansi perusahaan dan pemerintahan Tiongkok dalam berdagang di situs itu. "Percaya. Percayai kami. Percayai pasar, dan percayai orang-orang muda. Percayai teknologi baru. Dunia sekarang sudah lebih transparan. Apa pun yang kau khawatirkan adalah apa yang sudah saya khawatirkan 15 tahun yang lalu. Saya ingin berkata kepada investor: kami akan menjaga mereka," kata dia.


Lalu, Ma melanjutkan bahwa kepercayaan itu membuat segalanya menjadi mudah dan ketidakpercayaan menjadikan segalanya menjadi rumit.


Seperti yang diketahui, raksasa perusahaan Tiongkok itu berhasil meraup dana US$21,8 miliar dari publik. Ini yang menjadikan IPO Alibaba menjadi yang terbesar sepanjang sejarah. Pada hari Jumat, harga saham Alibaba ditutup sebesar US$93,89 dan harganya meningkat 38 persen dari harga saham yang ditawarkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya