Tips Hemat Uang pada Makanan

Memasak bersama
Sumber :
  • inmagine
VIVAnews
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Semua rumah tangga tidak jarang menghasilkan makanan sisa yang ujung-ujungnya dibuang ke tong sampah. Ini sangat disayangkan. Karena, selain mubazir, membuang makanan yang sebetulnya masih layak dikonsumsi adalah bentuk dari pemborosan.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Padahal, jika Anda cermat, banyak sekali menu hidangan yang bisa diciptakan dari sisa makanan. Meracik hidangan dari makanan sisa layak konsumsi tidak hanya baik karena menghindari mubazir, tapi juga bisa membantu Anda menghemat pengeluaran untuk makanan.
Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos


1. Kentang sisa dijadikan pancake atau kroket

Anda bisa menggunakan kentang sisa dari sop yang Anda hidangkan untuk membuat pancake kentang atau kroket. Untuk pancake, Anda cukup menumbuk kentang hingga halus dan menambahkan telur serta keju untuk adonannya. Sedangkan untuk kroket, Anda hanya butuh daging cincang, wortel dan remah roti sebagai bahan utama.


2. Nasi goreng

Nasi lebih yang tidak dimakan paling enak dibuat nasi goreng. Anda tinggal menambahkan telur dan sayuran lebih yang ada di lemari es Anda.  Anda juga tidak butuh nasi  terlalu banyak karena begitu dicampur dengan bahan-bahan lainnnya, porsi masakan Anda langsung bertambah.


3. Sop tulang ayam

Jangan buang tulang ayam yang dagingnya sudah Anda ambil. Anda bisa menggunakan tulang ayam sisa untuk membuat kaldu sop yang gurih. Anda hanya perlu menambahkan sayuran seperti wortel, buncis dan kol.


4. Adonan dijadikan camilan

Sisa adonan dari membuat pastel atau pie bisa digunakan untuk membuat camilan mini dengan memanggangnya bersama sedikit keju atau selai stroberi sebagai topping.


5. Timun lalapan untuk flavored water

Anda bisa menggunakan sisa potongan timun dari lalapan untuk membuat segelas
flavored water,
atau air yang ditambahkan potongan sayur atau buah-buahan untuk menambahkan rasa. Selain menambahkan langsung potongan timun ke dalam segelas air dingin, Anda bisa mencincangnnya hingga halus sebelum mencelupkannya ke dalam segelas air yang dicampur madu. Minuman ini cocok untuk mengademkan tenggorokan di hari yang terik.


Jadi, banyak sekali hindangan yang bisa disiapkan dari sisa makanan yang layak konsumsi. Anda hanya perlu sedikit rasa kreatif dalam membuatnya. Selamat mencoba!
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya