Siapa Bilang Menjaga Kesehatan Itu Mahal?

Makan malam romantis
Sumber :
  • dok. Corbis
VIVAnews
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Musim pancaroba selalu berefek negatif bagi kesehatan. Akibat cuaca yang berubah terus, tubuh menjadi rentan terhadap penyakit seperti flu, batuk dan diare.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Jika sudah berbicara soal kesehatan, mencegah selalu lebih baik daripada memperbaiki. Anda sebaiknya mencegah atau mengobati penyakit musiman sebelum menjadi lebih berat.
Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos


Jika Anda mencegah datangnya penyakit, atau langsung mengobatinya, Anda tidak hanya bisa kembali beraktifitas rutin secara normal, tetapi juga menghemat biaya yang harus dikeluarkan untuk menyembuhkan penyakit yang sudah masuk tahap lebih berat.


Menjaga kesehatan juga tidak mahal. Anda cukup melakukan hal-hal sederhana ini untuk mencegah terkena penyakit musiman:


1. Diare


Diare bisa disebabkan karena timbulnya kuman, virus, dan kotoran saat peralihan musim kemarau ke musim hujan.


Pencegahan paling baik adalah menjaga kebersihan makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Praktekkan cara-cara higienis dalam menghidangkan makanan di rumah, seperti mencuci buah dan sayuran sebelum mengolahnya. Sebisa mungkin, bawalah bekal dari rumah yang kebersihannya lebih terjamin dibanding warung makan.


2. Demam dan influenza


Flu dan demam adalah salah satu penyakit yang paling umum saat musim pancaroba. Lagi-lagi, kedua penyakit ini disebakan oleh virus yang menjadi aktif di pergantian musim.


Cegah kedua penyakit ini dengan makanan yang penuh gizi, khususnya buah-buahan yang kaya dengan vitamin C seperti jeruk. Anda selalu bisa pergi ke pasar untuk membeli sayuran dan buah supaya Anda bisa menawar harganya. Selain itu, membeli buah-buahan segar untuk dijadikan jus lebih murah dibanding membeli minuman botol yang mengaku berisi buah asli.


3. Infeksi saluran pernafasan


Infeksi saluran pernafasan meliputi batuk, radang tenggorokan dan sesak nafas. Lagi-lagi, berkembangnya virus dan perubahan cepat suhu udara bisa mengakibatkan timbulnya penyakit ini.


Selain menjaga asupan nutrisi, Anda bisa mencegah gangguan tenggorokan dengan meminum setidaknya delapan gelas air sehari. Selain itu, Anda bisa meningkatkan asupan vitamin dengan memakan supplemen kesehatan yang mengandung bukan saja vitamin C, tetapi juga rangkaian vitamin B yang berguna untuk menjaga stamina tubuh.


Selain melakukan hal yang disebutkan untuk mencegah penyakit yang umum terjadi saat pancaroba, Anda juga harus rajin berolahraga. Berolahragalah setidaknya tiga kali seminggu selama minimal 30 menit. Anda tidak harus pergi ke pusat kebugaran, di mana Anda harus membayar untuk menggunakan fasilitas. Anda cukup berlari pagi di sekitar komplek perumahan Anda yang pastinya gratis.


Jangan lupakan juga untuk beristirahat yang cukup untuk mempertahankan daya tahan tubuh Anda. Beristirahatlah sekitar 6 hingga 8 jam sehari dan pejamkan mata selama 10 menit jika Anda merasa kelelahan di tengah bekerja. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya