Sentimen Bursa Global Diprediksi Dorong Penguatan IHSG

Aktivitas di Bursa Efek Indonesia
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVAnews - Analis Teknikal Bahana securities, Muhammad Wafi, memperkirakan pada perdagangan hari ini, Senin 29 September 2013, indeks harga saham gabungan (IHSG)akan mengalami teknikal rebound di kisaran 5.100 - 5.175

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

Dengan saham-saham yang dapat diperhatikan antara lain PT Semen Indonesia Tbk (SMGR), PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP), PT Astra International Tbk (ASII), PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), dan PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR).

Sementara itu, rupiah pada perdagangan akhir pekan lalu, ditutup di level Rp12.023 per dolar Amerika Serikat. Pada hari ini, diperkirakan rupiah akan bergerak di kisaran Rp11.962-12.080 per dolar AS.

Analis Asia Finansial Network, Agus Susanto Benzaenuri juga memprediksikan pada awal pekan ini IHSG cenderung menguat.

"Sentimen positif bursa global yang mayoritas menguat, cenderung mendorong kenaikan perdagangan pasar Indonesia hari ini," kata Agus, kepada VIVAnews.

Namun, menurut Agus, aksi jual asing yang masih tinggi dan investor yang masih menunggu rilis data industri Tiongkok yang diekspektasikan relatif menurun, cenderung menahan perdagangan IHSG.

Selain itu, Agus juga menyampaikan, bursa Wall Street ditutup menguat akhir pekan lalu. Wall Street kembali menguat pada perdagangan Jumat lalu, setelah didorong odata positif perekonomian AS yang direvisi tumbuh menjadi 4,6 persen dibandingkan dengan rilis sebelumnya 4,2 persen, atau merupakan pertumbuhan tertinggi sejak tiga tahun terakhir.

Selain itu, lanjutnya, indeks sentimen konsumer juga mengalami peningkatan tertinggi sejak 14 bulan terakhir. Indeks Dow Jones meningkat, dengan kenaikan seluruh komponennya, sementara S&P 500 naik, dengan didorong oleh sektor industri. Namun, selama sepekan Wall Street masih terkoreksi hingga satu persen lebih. (asp)

YouTuber Daud Kim (Jay Kim)

Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat

Daud Kim memposting permintaan maaf di Instagram-nya tetapi langsung menghapusnya dengan cepat, yang mendorongnya untuk mengambil langkah dan mengungkap kejahatannya.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024