Manfaat Tepung Cangkang Keong Mas

Tepung putih.
Sumber :
  • http://urbanoustics.blogspot.com
VIVAnews
Hasto Bantah PDIP Loyo soal Hak Angket: Kami Undang Semua Pihak untuk Berani
- Keong mas (Pomacea canaliculata) di lahan pertanian sering dianggap mengganggu tanaman, terutama tanaman padi dan menjadi musuh utama bagi para petani.

Gerindra Resmi Usung Jenal Mutaqin Maju Jadi Wali Kota Bogor

Keberadaan keong mas dari tahun ke tahun semakin banyak, hal itu karena kemampuan berkembang-biak keong emas yang luar biasa.
Viral, Pendeta Ini Ajak Jemaat War Takjil: Soal Agama Kita Toleran, Kalau Soal Takjil Kita duluan


Seekor keong emas betina mampu menghasilkan 15 kelompok telur dalam sekali siklus hidup yang berkisar antara 60-80 hari.

Pertambahan populasi yang luar biasa, di mana seekor keong mas dewasa bisa menghasilkan 1.000-1.200 telur dalam setiap bulannya, sehingga jika populasi

keong mas ini semakin bertambah akan berakibat fatal bagi hasil pertanian

terutama untuk tanaman padi.


Selama ini, masyarakat hanya mengambil keong emas yang menjadi hama untuk dimanfaatkan dagingnya saja. Padahal, cangkang keong mas tersebut mengandung kalsium.


Sebab itu, mahasiswa prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta yaitu Rohmi Suryaningsih, Mita Kurniati, Musyarofah, Vina Fitriana, dan Prapti Hanaviyah memanfaatkan cangkang keong mas tersebut untuk dijadikan campuran pakan ternak unggas, sehingga dapat mengurangi biaya pengeluaran masyarakat untuk membeli pakan.


Menurut Rohmi, keong emas yang merupakan hama bagi petani mengandung kalsium yang cukup banyak pada cangkangnya.


“Kalsium merupakan unsur yang paling esensial dalam pembentukan kulit telur dan pada sebutir telur terdapat sekitar dua gram kalsium,” kata Rohmi, Selasa 30 September 2014.


Mita menambahkan bahwa kebutuhan unggas akan kalsium sangat tinggi. Untuk itu, diperlukan pula asupan kalsium yang cukup, agar telur yang dihasilkan unggas dapat berkembang dengan baik.


Menurutnya, agar pemanfaatan cangkang keong mas sebagai pakan ternak unggas ini dapat mengurangi limbah cangkang keong mas yang dagingnya telah dikonsumsi.


Selain sebagai pelestarian lingkungan, tepung cangkang keong emas juga dapat meningkatkan kualitas telur pada ternak unggas.


Musyarofah mengatakan bahwa alat-alat yang dibutuhkan adalah mesin penggiling cangkang keong mas, penumbuk, dan wadahplastik.


Sementara itu, bahan yang diperlukan yaitu cangkang keong mas, yang diperoleh dari hama keong mas di persawahan desa. “Mesin penggiling yang kami gunakan mesin yang berjenis dismil atau penghalus,” ujar Musyarofah.


Tahap pembuatan tepung cangkang keong mas, yaitu dengan menyiapkan keong mas yang akan diambil cangkangnya, kemudian dipisahkan dari dagingnya.


Selanjutnya, cangkang keong mas dibersihkan dari kotoran dan dikeringkan, baru kemudian menumbuk dalam satu wadah baru dan digiling dengan mesin penggiling.


Tepung cangkang keong emas tersebut dapat dicampurkan dalam pakan ternak

yang ada sebagai penambah nutrisi pada unggas. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya