Jelang Idul Adha, Penjualan Kambing dan Sapi Anjlok

Pasar Hewan Dam di Muaisim Mekah
Sumber :
  • VIVAnews/Umi Kalsum

VIVAnews - Hari Raya Idul Adha tinggal menghitung hari. Kondisi ini seharusnya bisa dinikmati oleh para pedagang hewan kurban jenis sapi dan kambing. Namun, yang terjadi justru sebaliknya.

Menjelang Idul Adha, pedagang hewan kurban di Sukabumi, Jawa Barat, malahan menurun. Akibatnya, seperti yang ada di pusat penjualan hewan kurban, di kawasan Citamian, Sukabumi, terjadi penumpukan hewan ternak jenis sapi dan kambing.

Padahal, pada Idul Adha sebelumnya, pasar hewan ini banyak sekali dikunjungi pembeli yang berdatangan dari berbagai wilayah Sukabumi. Bahkan, dari luar Sukabumi pun selalu memadati untuk mendapatkan hewan kurban.

Untuk jenis kambing misalnya, tak kurang dari 500 ekor selalu memadati lapak penjualan hewan kurban di pasar hewan ini.

Dedi, salah satu penjual hewan kurban selama puluhan tahun ini mengatakan, penjualan kambing dan sapi pada tahun ini sangat menurun, dibanding tahun sebelumnya.

Menurut dia, tahun ini penjualan hewan kurban anjlok hingga 50 persen. Dengan kondisi tersebut, dia mengaku hanya bisa menjual satu ekor sapi, sedangkan untuk kambing hanya 10-15 ekor.

Kondisi itu berbeda pada tahun lalu, di mana dia bisa menjual 20-30 ekor kambing.

Dia mengungkapkan, hal itu karena minat para pembeli berkurang, serta harga kambing dan sapi dari tengkulak yang naik drastis.

Berkah Sholat Tarawih di Masjid, Seorang Wanita Dapat Surat Cinta dari Pria

tvOne/Rizki Gustana

Membaca Alquran saat puasa Ramadhan. (Foto ilustrasi)

5 Keutamaan Membaca Al-Quran di Bulan Suci Ramadhan

Rasulullah menganjurkan umatnya untuk memperbanyak tadarus di bulan ramadhan. Melalaui tadarus, kita bisa saling belajar dan khatam Al-quran bersama-sama.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024